Bupati dan Anggota DPR RI I Wayan Koster Hadiri Upacara Pedudusan Agung Desa Adat Dalung

20160909_163702
Ket : Krama Desa Adat Dalung, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Badung, melaksanakan upacara Mamungkah, Pedudusan Agung dan Tawur Agung, di Pura Dalem Desa Adat Dalung. Puncak Karya pada hari Jumat (9/9) dihadiri Anggota Komisi X DPR RI I Wayan Koster, bersama Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa. Koster yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali
(Baliekbis.com). Krama Desa Adat Dalung, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Badung, melaksanakan upacara Mamungkah, Pedudusan Agung dan Tawur Agung, di Pura Dalem Desa Adat Dalung. Puncak Karya pada hari Jumat (9/9) dihadiri Anggota Komisi X DPR RI I Wayan Koster, bersama Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa.
Koster yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, menyatakan sangat mengapresiasi semangat krama Desa Adat Dalung dalam melaksanakan yadnya. “Kami sangat bangga dan mengapresiasi semangat krama Desa Adat Dalung dalam melaksanakan upacara yadnya,”katanya. Yadnya kata politisi asal Desa Sembiran, Buleleng ini menyatakan, yadnya adalah bentuk bhakti kepada Yang Kuasa.
Sementara itu, Bendesa Adat Dalung Drs. I Gusti Ngurah Sujana pada kesempatan tersebut menyatakan terima kasih atas kehadiran legislator Senayan, maupun bupati dan wakil bupati Badung. Ngurah Sujana menjelaskan, upacara ini dilaksanakan serangkaian selesainya pemugaran Pura Dalem setempat. Upacara yang dipuput 16 sulinggih pedanaan sebagian merupakan uruna krama Desa Adat Dalung yang berjumlah 496 kepala keluarga (KK), telah dimulai sejak 21 Mei 2016, dan hari ini merupakan puncak karya.
” Setelah puncak karya hari ini (kemarin,red) akan dilaksanakan pengayaran banjar-banjar, dan penyineban akan dilaksanakan 21 September mendatang,”jelasnya. Ngurah Sujana menambahkan melalui upacara ini, Ida Hyang Widhi memberikan anugrahnya kepada seluruh krama Desa Adat Dalung. Tampak hadir pada kesempatan tersebut Ketua LPM Desa Dalung IGN Agung Diatmika, dan tokoh masyarakat Dalung IGN Rai Surya Wijaya. (ibm/ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: