Bunga Bintang Lima Berkhasiat Sebagai Obat Mata

(Baliekbis.com), Berawal dari banyaknya penggunaan obat-obatan alami di masyarakat, tiga mahasiswa Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Sekolah Vokasi (SV) UGM meneliti kandungan bunga bintang lima yang banyak digunakan masyarakat untuk mengobati penyakit mata. Riska Annisa, Krida Tri Wahyuli, dan Yulinda Fatmawati  melakukan penelitian terhadap kandungan bunga bintang lima ini. Dilaksanakan dibawah bimbingan Dian Budi Santoso, S.KM, M.P.H, melalui Program Kreativitas Mahasoswa bidnag Penelitian Eksakta(PKM-PE) UGM 2018. “Penggunaan obat tradisional banyak dilakukan masyarakat, termasuk mengobati iritasi mata dengan bunga bintang lima yang mudah didapat di lingkungan sekitar,” kata Riska, Sabtu (30/6).

Penggunaan bunga ini, kata dia, sudah dilakukan masyarakat secara turun temurun. Dipakai untuk mengatasi  mata gatal dan merah karen ainfeksi dan lainnya. Kendati begitu, hingga kini belum ada penelitian khusus untuk mengetahui manfaat kandungan bunga bintang lima sebagai obat iritasi mata. Kondisi itu mendorong ketiga mahasiswa ini untuk meneliti lebih lanjut kandungan dari bunga bintang lima. Hasilnya menunjukkan bunga ini mempunyai kandungan senyawa etanolik.

Seperti diketahui bahwa senyawa etanolik dapat memberikan aktivitas antibakteri terhadap beberapa bakteri patogen seperti Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, Salmonella typi, Staphylococcus epidermidis, Streptococcus mutans, dan Vibrio sp. Hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa bunga bintang lima memiliki kandungan senyawa etanolik yang meliputi 4,71% alkaloid, 39,80% tannin, 1,90% flavonoid, 35,14% saponin, dan 1,21% steroid. “Karena bunga bintang lima memiliki komposisi senyawa etanolik, maka berpotensi untuk digunakan sebagai obat iritasi mata,”pungkasnya. (ika)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.