Buleleng Siap Gelar UNBK dan UNKP

(Baliekbis.com), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng sempat dibuat khawatir lantaran salah satu mobil boks pengangkut naskah soal ujian nasional bagi SMP di Buleleng mengalami kendala dalam perjalanannya menuju Buleleng, Sabtu, (29/4/17).

Mobil pertama dengan nomor polisi DK 9889 FM tiba tepat waktu di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng. Namun mobil kedua, ditunggu hingga pukul 11.00 siang mobil pengangkut naskah ujian itu pun tak kunjung tiba di Disdikpora Buleleng.

Setelah di cek, ternyata mobil boks kedua itu sempat mogok di wilayah Baturiti, Tabanan. Konon, air radiator macet hingga mesin panas dan mobil boks itu pun mogok. 

Distribusi soal ujian nasional di Buleleng sempat tertunda selama beberapa jam. Panitia ujian nasional sempat memutuskan menunda membuka mobil boks mobil pertama, menunggu mobil kedua sampai di Disdikpora Buleleng. 

Hingga akhirnya, tepat pukul 12.07 siang mobil kedua dengan nomor polisi DK 9776 EA sampai di pelataran halaman kantor Dinas Disdikpora Buleleng. Lalu, panitia bergegas membuka segel mobil dan meminta masing-masing sekolah melakukan pengecekan kelengkapan soal.

“Ada dua mobil yang mengangkut naskah, ternyata yang satu mobil mengalami kendala di jalan. Radiatornya panas, ini dikarenakan teknis kendaraan saja, air radiatornya panas,” kata Sekretaris Disdikpora Buleleng, Made Ngadeg.
Khusus untuk ujian nasional SMP tahun ajaran ini, ada 84 SMP/MTs negeri dan swasta yang menyelenggarakan ujian nasional dengan total 11.515 orang peserta.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sebagian besar SMP/MTs di Buleleng menggelar ujian nasional konvensional, alias Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Tercatat ada 74 sekolah yang menggelar UNKP dengan total 9.304 orang peserta.

Sementara untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hanya diselenggarakan oleh 10 sekolah dengan jumlah peserta 2.211 orang. Sekolah-sekolah itu pun belum memiliki perangkat sendiri dan masih numpang di SMA maupun SMK terdekat yang mencukupi fasilitasnya. (bpn)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: