Buah Pisang Keluar Dari Batang Bikin Geger

(Baliekbis.com),Pisang yang berbuah pada umumnya sudah pasti sama yakni di ujungnya. Namun, kali ini ada yang berbeda dan bisa dibilang unik, karena pisang ini bertumbuh keluar dari perut alias batang pohon.

Sudah tentu keanehan itu bikin heran. Pemilik kebun, Asri menceritakan pada April tahun 2017, dirinya bersama isteri, Risna mencoba mengolah lahan yang dijadikan kebun baru mereka tepatnya di Desa Bobane Igo Kecamatan Jailolo Timur Kabupaten Halmahera Barat.

Lahan yang mereka jadikan kebun itu ternyata sudah ada anak pohon pisang. Saat itu dirinya bertanya siapa yang menanam pisang itu sampai bisa ada di kebun itu. Namun dirinya kemudian membiarkan tanpa menghiraukan. Padahal daerah itu belum ada satu pun warga yang mengelolanya.

Hari berganti hari, ia dan isteri terus membersihkan lahan kebun itu. “Kami lihat pisang ini sangat subur sekali tumbuhnya, hingga kami biarkan saja tumbuh dan berkembang,” jelasnya, Minggu (17/2).

Namun suatu hari, sang istri mulai bicara dengan gaya bahasa seakan akan pisang itu tahu bercerita. “Kalau bahasa sini bilang “Sibinyafo” yang artinya bila memang kamu itu pisang yang dapat dimakan maka kami juga akan merawatmu dengan baik. Tapi jika memang pisang ini pisang hutan maka kami akan potong dan buang,” jelas Asri.

Ternyata lama kelamaan pisang ini berbuah, namanya pisang mas. Namun saat berbuah yang kedua kali ini, pisang tersebut buahnya muncul dari tengah batangnya, tidak berbuah seperti biasanya, yaitu di ujung pohon pisang.

“Saat pertama kali saya lihat pisang ini mau keluar buahnya di tengah batang pisang saya kaget dan heran,”ungkap Asri. Namun dia biarkan hingga buah pisang itu membesar dan menguning. (udi)

Berikan Komentar