BPR Gianyar Tingkatkan Kompetensi Pejabat Kreditnya

 (Baliekbis.com), Tantangan yang cukup berat mulai dirasakan oleh industri perbankan termasuk bank perkreditan rakyat atau BPR, yaitu melemahnya penyaluran kredit di satu sisi dan meningkatnya risiko kredit bermasalah di sisi yang lain. 

Dalam rangka menghadapi tantangan tersebut, BPR Gianyar melaksanakan pelatihan Analisa Kredit dan Restrukturisasi Kredit, bertempat di ruang kerja bagian kredit pada Kamis, 13 Desember 2018. Menurut I Wayan Nasib selaku Direktur Utama BPR Gianyar, pelatihan ini penting untuk dilakukan agar pejabat kredit lebih peka di dalam menghadapi situasi ekonomi yang sedang menurun saat ini. 

“Sebenarnya masih banyak kompetensi yang harus dimiliki dan ditingkatkan oleh pejabat kredit kami. Namun, dalam pelaksanakan pelatihan, kami mengutamakan skala prioritas sesuai dengan kondisi saat ini,” ujar I Wayan Nasib menambahkan.

Pelatihan yang berlangsung sehari penuh tersebut diisi oleh I Ketut Supamuda, yang telah memiliki pengalaman di industri perbankan lebih dari 34 tahun. “Pelatihan analisa kredit dan restrukturisasi kredit sangat penting untuk dilakukan agar pejabat kredit lebih memahami prinsip kehati-hatian dalam proses pemberian kredit sehingga diharapkan bank terhindar dari resiko kredit bermasalah,”  Ketut Supamuda menjelaskan. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa kredit bermasalah dapat menimbulkan dampak negatif bagi operasional bank. Menurunnya pendapatan bunga dapat meningkatkan rasio BOPO dan menurunkan rasio ROA. Di samping itu akan mempengaruhi tingkat kesehatan bank secara menyeluruh.

Selama pelatihan, seluruh peserta nampak antusias mengikuti karena materi pelatihan tidak hanya dalam bentuk bahasan pedoman dan peraturan. Tapi berupa aplikasi-aplikasi yang sangat bermanfaat dalam tugas pekerjaan. “Aplikasi-aplikasi ini yang sangat kami butuhkan agar pekerjaan jadi lebih efisien. Kami sudah beberapa kali mengikuti pelatihan seperti ini tapi yang dibahas terbatas pada peraturan dan pedoman saja,” ujar I Made Sarwa selaku Direktur BPR Gianyar (ksu)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: