BPR Aruna Buka Kantor Cabang di Denpasar, Komit Membangun Ekonomi Kerakyatan

(Baliekbis.com), PT BPR Aruna Nirmaladuta (BPR Aruna) membuka kantor cabang (Kancab) di Kota Denpasar, tepatnya di Jalan Nangka Selatan No.182, Lingkungan Bhuwana Sari, Desa Dangin Puri Kaja, Denpasar, Rabu (12/1/2022).

“Ini adalah kantor ketiga kami, dan kantor cabang pertama kami,” ujar Dirut BPR Aruna I Ketut Gede Mardawa. Mardawa menerangkan, saat ini BPR Aruna memiliki tiga kantor. Satu kantor pusat di Jalan Dharma Giri No.99 Gianyar, satu kantor kas berlokasi di Jalan Raya Sukawati No.88X, Banjar Tebuana, Sukawati, Gianyar, dan satu kantor cabang di Jalan Nangka Selatan, Denpasar, yang baru diresmikan hari ini.

Mardawa mengungkapkan, Kancab ini merupakan wujud komitmen dalam menjawab tantangan kerja ke depan untuk memajukan ekonomi mikro sekaligus sebagai lembaga intermediasi bank terhadap warga Kota Denpasar dan sekitarnya.

“Tentu kami masih berfokus sektor riil, UMKM, sektor mikro, ini akan kerja keras agar tetap eksis dalam situasi sekarang,” sebut Mardawa.

Di hadapan para undangan secara terbatas di antaranya DPD Perbarindo Bali, DPK Perbarindo Gianyar, DPK Perbarindo Denpasar, Kepala Desa Dangin Puri Kaja, nasabah dan rekanan itu, Mardawa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas doa dan dukungannya sehingga Kancab BPR Aruna Denpasar ini diresmikan.
Utamanya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali-Nusra atas disetujuinya BPR Aruna membuka kantor cabangnya di Denpasar.

“Kancab ini awalnya sales point yang sudah jalan setahun, peluangnya memang sangat terbuka meskipun kami tahu kuenya sedikit. Tapi Kota Denpasar sebagai ibukota Provinsi Bali itu jadi acuan, semua bank berebut, nah kami sebagai pemain baru harus optimis untuk berkolaborasi bukan kompetisi sehingga bisa saling menguatkan, saling membantu di tengah situasi pandemi ini,” ulasnya.

BPR Aruna Nirmaladuta didirikan tahun 1992. Sejak awal berdirinya hingga saat ini, BPR Aruna secara konsisten terus berperan aktif dalam membantu dan meningkatkan usaha yang ditekuni oleh masyarakat khususnya untuk jenis usaha yang tergolong dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dengan tagline, “Berkarya Dengan Komitmen”, BPR Aruna berkomitmen penuh mulai dari para pemegang saham, dewan komisaris, direksi, dan seluruh karyawan terhadap pemahaman dan pelaksanaan visi, misi, dan tagline ini menjadikan BPR Aruna tetap tumbuh dan berkembang secara sehat hingga saat ini.

“Infrastruktur termasuk di dalamnya SDM itu sangat fundamental dan itu kami perkuat dengan budaya kerja yang solid, kompak, dan itu kami yakini akan membawa output menguntungkan dan membangun reputasi positif di masyarakat,” ucap Mardawa.

Dari tahun ke tahun, secara konsisten BPR Aruna tetap tumbuh dan berkembang secara sehat dan secara konsisten menunjukkan kinerja yang positif. Per 31 Desember 2021, BPR Aruna membukukan aset Rp.223.674.918.491, penyaluran kredit Rp.166.244.062.552, Dana Pihak Ketiga (DPK) Rp.155.007.900.159, dan NPL 4.45%.

“Tahun 2020 kita terkoreksi cukup dalam, semua dihadapkan pada situasi sama, aset menurun juga terjadi kenaikan kredit bermasalah. Tapi kami bersyukur 2021 bisa direcovery meski memang belum melewati titik psikologis tahun 2019. Namun tren perbaikan sudah kita coba dapatkan momentumnya utamanya pemetaan terhadap permasalahan-permasalahan yang terdampak pandemi itu sudah ditangani oleh satu tim khusus,” tuturnya.

BPR Aruna lahir menjadi bank perkreditan rakyat pilihan yang unggul dalam kualitas layanan dan kinerja. Termasuk di dalamnya memberikan kontribusi maksimal dan berkesinambungan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi regional, mengutamakan pelayanan yang tepat dan cepat sehingga menjadi pilihan utama bagi pelanggan dalam melakukan transaksi keuangan.

Selain itu, juga membangun sistem manajemen yang efektif dan efisien dengan penerapan tata kelola yang baik dan terpercaya, serta menyediakan lingkungan kerja terbaik bagi karyawan untuk mengembangkan potensi dan kompetensi.

Sesuai dengan Rencana Bisnis BPR dalam jangka pendek (1 tahun), jangka menengah (3 tahun) dan jangka panjang (5 tahun), BPR Aruna akan tetap meningkatkan fungsi intermediasi melalui rekrutmen, pelatihan, menjaga hubungan baik dengan nasabah existing, meningkatkan kegiatan penjualan dan pemasaran melalui kegiatan promosi produk yang dimiliki baik produk simpanan maupun produk pinjaman.

Saat ini, produk simpanan yang dimiliki oleh BPR Aruna terdiri dari Tabungan Umum, Tabungan Maxi Aruna, Tamba Plus, Tabunganku, dan Deposito. Sementara itu di produk pinjaman, BPR Aruna memiliki Kredit Modal Kerja, Kredit Konsumtif, dan Kredit Investasi.

“Pembukaan kantor cabang ini memberi kami energi dan semangat baru untuk bergerak makin lincah. Kami juga tetap melakukan perbaikan-perbaikan kerja untuk menjawab tantangan dan goals yang akan kita capai sesuai ekspektasi dari manajemen kantor pusat,” tegas Mardawa.

Sementara itu, pembukaan Kantor Cabang BPR Aruna Denpasar ditandai pengguntingan pita oleh Sekretaris DPD Perbarindo Bali Made Suarja didampingi Pemegang Saham Pengendali BPR Aruna I Wayan Regig, dan Nita Wisdaryanti selaku Kepala Kantor Cabang BPR Aruna Denpasar.

“Semoga dengan dibukanya Kantor Cabang BPR Aruna Denpasar akan semakin mendekatkan masyarakat kepada BPR untuk bersama-sama membangun perekonomian dan jangan khawatir mempercayakan dananya dikelola di BPR karena semua simpanan bapak/ibu yang ada di BPR itu dijamin oleh pemerintah melalui LPS,” ucap Suarja. (ist)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.