BPBD Denpasar Kenalkan Mobil Pemadam Pada Anak TK

(Baliekbis.com), Puluhan siswa Taman Kanak-Kanak pada awal sekolah tahun ini tidak saja mengikuti kegiatan sekolah, namun juga diajak mengenal tugas-tugas Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Denpasar. Tampak pada Rabu (12/7) Puluhan Anak Taman Kanak-Kanak Pelita Bangsa sejak pagi berkumpul disekolah setempat yang menanti aksi para petugas BPBD Denpasar. Petugas BPBD Denpasar langsung menyiapkan alat-alat pemadaman api dan juga mempertontonkan mobil pemadam kebakaran.
Para siswa TK ini tampak tak canggung dan ingin tahu lebih dekat tentang berbagai alat-alat pemadam api yang dimiliki BPBD Denpasar. Plt. Kepala BPBD Kota Denpasar, Made Prapta mengatakan membuka pintu selebar-lebarnya bagi siswa sekolah yang ingin lebih dekat mengenal tentang sistem penanagnan kegawatdaruratan BPBD Denpasar. Ia juga mengapresiasi Sekolah Pelita Bangsa karena sudah mengundang untuk memperkenalkan beragam jenis alat-alat pemadam kebakaran, mulai dari jaket tahan panas, helm, jenis mobil pemadam, hingga protap atau tugas-tugas yang dijalankan saat terjadi bencana kebakaran. “Kami sangat mengapresiasi pihak sekolah Pelita Bangsa karena sudah mengundang kami untuk memperkenalkan jenis pemadam kebakaran hingga bagaimana cara memadamkan api. Selain itu dari kegiatan ini juga untuk lebih mengenalkan protap-protap menangani kebakaran kepada anak-anak Paud tersebut sejak dini,” kata Prapta. Menurut Prapta, dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana dapat diatasi secara cepat dan tepat, bisa menghubungi BPBD, terlebih lagi BPBD Kota Denpasar memiliki Call Center di nomor 112 tentang kegawatdaruratan.
Sementara, Kepala Sekolah TK Pelita Bangsa Luh Made Rus Preti mengatakan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kepada anak-anak sejak dini tentang simulasi pemadaman api saat terjadi kebakaran. Begitu juga untuk mengetahui jenis-jenis alat yang digunakan para anggota BPBD dalam menjinakan api saat kebakaran. “Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar dalam hal ini BPBD karena telah memenuhi undangan kami untuk lebih memperkenalkan berbagai macam jenis alat untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran,” kata Rus. Selain itu juga memberikan pelajaran di luar kelas serta melibatkan anak secara langsung melihat berbagai macam alat-alat kebakaran, mulai dari jaket yang dikenakan saat memadamkan api maupun mobil pemadam yang digunakan saat menjinakan si jago merah. (Ngr)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: