Bingung Liburan Akhir Tahun Mau Kemana? Dari Barat hingga Timur, Indonesia Selalu punya Destinasi Liburan Menarik!

(Baliekbis.com), Akhir tahun 2019 hanya tinggal dalam hitungan hari. Momen akhir tahun tentu menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang untuk mengambil libur panjang, terlebih sepanjang 2019 ini “tanggal merah” telah banyak absen. Bagi Anda yang masih merencanakan liburan akhir tahun, tak perlu jauh-jauh pergi keluar negeri untuk menghabiskan libur panjang akhir tahun, sebab Indonesia senantiasa menyimpan banyak destinasi menarik yang terbentang dari Barat hingga Timur.

Berbicara mengenai destinasi lokal di Indonesia, Meta Rostiawati, Head of PR & Communications dari OYO Hotels and Homes, Indonesia mengatakan bahwa tren berlibur ke destinasi lokal di Indonesia juga semakin meningkat seiring dengan kemudahan akses informasi seputar liburan dan ketersediaan berbagai akomodasi yang memadai di berbagai destinasi. “Momen libur panjang akhir tahun menjadi salah satu momen yang tepat untuk menjelajah indahnya destinasi wisata lokal di Indonesia. Berdasarkan data internal OYO, 5 daerah ini termasuk destinasi yang ramai dikunjungi oleh pelancong dengan rata-rata okupansi hotel OYO di wilayah tersebut mencapai 60%, terutama pada momen-momen libur panjang, dengan rata-rata durasi menginap selama 3 hari. Tak hanya karena menyimpan destinasi wisata yang tidak biasa, namun juga didukung oleh wisata kuliner dan budaya. Lima daerah tersebut tersebar dari Barat hingga Timur, yaitu Medan, Sukabumi, Solo, Nusa Penida, dan Manado,” jelas Meta.

Penasaran apa saja destinasi unik yang ditawarkan oleh daerah-daerah tersebut? Simak rekomendasi berikut untuk pilihan destinasi libur panjang akhir tahun Anda:

Dari wilayah Barat Indonesia, Anda bisa eksplor budaya di Medan

Tidak hanya identik dengan kenikmatan duriannya, Medan ternyata menyimpan ragam wisata yang tidak kalah menarik dengan kota-kota lain di pulau Sumatera. Ketika membicarakan objek wisata sekitar kota Medan, aneh rasanya jika tidak membahas soal Danau Toba. Meski festival danau toba telah selesai digelar, pengunjung tetap bisa merasakan keseruan dengan menyaksikan kembang api yang bersahut-sahutan pada malam pergantian tahun sambil menikmati keindahan pemandangan danau terbesar di Indonesia ini. Masih banyak destinasi lain yang bisa dikunjungi di Medan. Jika bangunan-bangunan artistik dan wisata religi menjadi tujuan petualangan, maka Anda mungkin akan menikmati Tjong A Fie Mansion, Graha Maria Annai Velangkanni, Tjong Yong Hian, Taman Alam Lumbini, Masjid Raya Al Mashun, dan Istana Maimun. Anda juga bisa menemukan berbagai pilihan akomodasi dari OYO yang berjarak hanya 1-2 km dari berbagai objek wisata, termasuk OYO 1348 Hotel Home Anaya, OYO 293 Mutiara Hijau Suite Syariah, dan OYO 727 Merlion Hotel.

Ingin pilihan destinasi dekat dengan Ibu Kota? Coba segarnya wisata alam curug di Sukabumi

Jika Bandung dan Bogor sudah menjadi target destinasi seribu umat, tidak ada salahnya para pelancong melakukan road trip ke Sukabumi. Dibukanya jalan tol Bocimi (Bogor Ciawi Sukabumi) kini semakin memudahkan perjalanan ke kota yang letaknya hanya 1 jam dari Jakarta via tol ini. Sukabumi telah menjadi kota yang menyimpan banyak destinasi wisata alam yang memukau dan didominasi air terjun. Beberapa curug yang bisa dikunjungi antara lain Curug Sodong, Curug Larangan, Curug Cikaso, Curug Cigangsa dan Curug Cikanteh. Jika mau mencoba eksplorasi keindahan alam lain, beberapa pilihan destinasi yang bisa dikunjungi antara lain Jembatan Gantung Situ Gunung, Pantai Karangbolong, Gua Buniayu, dan Tebing Panenjoan. Setelah lelah berpetualang, pelancong bisa  melepaskan rasa lelah dengan menginap ke OYO 867 Bettah Coba Homestay atau OYO 1924 Hotel Raflesia.

Kini untuk kulineran, Solo menawarkan wisata kuliner sampai puas!

Sedang merencanakan liburan seru sekaligus menikmati kulinernya? Solo bisa menjadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Beragam variasi makanan khas yang tersedia di kota Solo seakan menutupi minimnya spot wisata di kota batik ini. Meski tidak sebanyak Yogyakarta untuk pilihan wisatanya, tidak ada salahnya untuk mengkhususkan waktu liburan untuk berkuliner sambil mengunjungi beberapa situs sejarah dan budaya di Solo. Timlo Sastro, Tengkleng Bu Edi, Serabi Notosuman, Cambuk Rambak Solo dan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu adalah sederet kuliner khas Solo yang dapat dikunjungi. Jika sudah kenyang dan butuh penginapan, OYO 1888 Griya RW Family Guest House, OYO 1611 Four D’home dan OYO 1523 Erna’s House bisa menjadi pilihan untuk bermalam.

Bosan dengan wilayah Sumatera dan Jawa? Cobalah jadi backpacker sejati di Nusa Penida

Jika selama ini kita selalu berkutat di Bali, tidak ada salahnya menyebrang ke pulau kecil di sekitarnya. Untuk para pecinta alam, Nusa Penida bisa menjadi pilihan. Sebagai wilayah yang dinyatakan sebagai destinasi backpacker nomor satu tahun 2020 oleh Hostelworld, wilayah tenggara Bali ini memiliki pesona wisata yang menarik. Karena jarak antara satu tempat wisata dengan tempat yang lain lumayan dekat, ada dua pilihan tipe wisata di sini, antara lain pulang-pergi dengan kapal cepat atau menginap di sana. Pulau ini pun juga menyediakan sewa motor dan mobil yang dapat dengan mudah ditemui di setiap dermaga pelabuhan. Inilah alasan Nusa Penida cocok untuk wisatawan yang memiliki jiwa petualang dan penjelajah.

Ada tiga kegiatan yang bisa dilakukan antara lain menyusuri ujung selatan, bagian barat, dan sisi timur Nusa Penida. Di bagian ujung selatan dan bagian barat, ada Air Terjun Peguyangan, Pantai Kelingking, dan Pasir Uug yang bisa disambangi. Selain itu, menjemput sunrise di Pantai Atuh dan bersantai di Pantai Suwehan bisa dilakukan di sisi timur pulau ini. Dari Bali, jarak waktu yang ditempuh menuju pulau ini hanya dalam waktu 1 jam menggunakan perahu. Sebelum memulai petualangan ke Nusa Penida, Anda bisa menginap terlebih dahulu di OYO 401 The Frog Homestay Sanur yang terletak tidak jauh dari Pantai Sanur dekat dengan lokasi penyeberangan. Ada juga akomodasi OYO yang tersedia di Pulau Nusa Penida seperti OYO 1198 Kulkul Bungalow. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: