Bersih Sampah di Pantai, Gus Adhi: Kawasan Pandawa Terus Berbenah Sambut Wisatawan

(Baliekbis.com), Aksi bersih-bersih sampah di pantai Pandawa Desa Kutuh Badung digelar, Minggu (12/12). Dalam kegiatan yang melibatkan berbagai komponen termasuk nelayan setempat berhasil dikumpulkan hampir satu truk sampah.

Dengan kegiatan bersih-bersih sampah ini diharapkan pantai menjadi lebih indah dan dapat mendukung pariwisata, mengingat Covid-19 yang sudah semakin melandai.

“Sekarang saatnya kita berbenah sehingga begitu wabah (covid) ini berlalu, kita sudah siap dan pariwisata bisa segera bangkit agar ekonomi warga kembali bergerak,” ujar Anggota Komisi II DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra saat kegiatan bersih-bersih tersebut.

Politisi Partai Golkar yang juga Ketua SOKSI Bali ini menambahkan pandemi memang telah menyebabkan ekonomi warga melemah akibat terpuruknya pariwisata yang selama ini menjadi andalan masyarakat.

Meski demikian warga diminta tidak tinggal diam. “Kami dorong terus agar berbenah, baik dalam menjaga kebersihan yang merupakan salah satu faktor penting dalam pariwisata juga melaksanakan kegiatan pembangunan lainnya yang bisa mendukung pariwisata ke depan,” jelas Gus Adhi sapaan akrab A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra.

Tidak hanya aksi bersih pantai, dalam acara Sosialisasi Program Infrastruktur Hijau “Pembangunan IPAL Pasar Desa Adat Kedonganan dan Kegiatan Bersih-bersih Pantai di Pantai Pandawa Badung” yang digelar, pihaknya juga membantu kelompok nelayan dengan peralatan yang diperlukan agar bisa menjalankan aktivitas ekonominya. “Sesuai aspirasi yang disampaikan kita juga bantu pembangunan IPAL di Kedonganan,” tambahnya.

Gus Adhi mengatakan kawasan wisata Pantai Pandawa ini sudah makin bagus dan rapi. Untuk itu harus terus ditata pembangunannya agar makin asri. Seperti fasilitas warung, untuk jalan-jalan sebab ini sangat terkait dengan pariwisata. “Demikian pula soal harga untuk wisatawan perlu diatur seperti yang dilakukan di negara lain,” jelasnya.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba memancing di Pantai Pandawa

Di sisi lain, keberadaan nelayan yang bisa mendukung pariwisata perlu diperhatikan. Seperti digelarnya lomba memancing dalam “Pandawa Festival VIII” sebagai kegiatan budaya yang bisa menjadi agenda pariwisata.

Bendesa Adat Kutuh I Nyoman Mesir yang hadir dalam aksi bersih-bersih di Pantai Pandawa mengatakan sejumlah upaya dilakukan untuk menata kawasan wisata yang sebelum covid dikunjungi ribuan wisatawan setiap harinya.

Pantai Pandawa merupakan pantai yang favorit bagi para pelancong yang berlibur ke Bali. Namun Pandemi Covid-19 membuat kunjungan wisata di Pantai Pandawa sepi.

Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Badung ini menyuguhkan panorama laut biru dan hamparan pasir putih nan indah. Selain bersantai dan menikmati pemandangan alamnya yang indah, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti berjemur, bermain kano hingga paralayang dari atas Bukit Timbis. (bas)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.