Bersih-Bersih di Pantai Purnama Libatkan Semua Lapisan Masyarakat

(Baliekbis.com), Aksi bersih-bersih pantai kembali dilakukan , kali ini aksi tersebut dilakukan di Pantai Purnama Desa Sukawati Gianyar, Jumat (20/4). Diawali dengan senam bersama, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan memungut sampah plastik yang ada di dipinggir pantai dan dilingkungan sekitarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra mengatakan, aksi bersih lingkungan ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Sedangkan di Gianyar aksi bersih bersih lingkungan lebih difokuskan pada daerah pantai. Hal ini menurut Kujus Pawitra bukannya tanpa alasan, pesisir pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang harus kita jaga kebersihannya. Kawasan pantai kini sudah mulai dilirik masyarakat dan wisatawan asing, tidak hanya sekedar berwisata melepas penat namun juga sebagai tempat olah raga dan wisata kuliner.

Menurut Kujus Pawitra sampah yang dipungut hanya sampah plastik saja, sedangkan sampah organic seperti kayu, daun dan lain- lainnya dibiarkan. Karena sampah-sampah seprti limbah kayu biasanya masyarakat sekitar yang memungut dan dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Ditambahkan, sampah yang tedapat dipantai bukan saja disebabkan oleh ulah orang yang tidak bertanggungjawab terhadap kebersihan lingkungan, namun juga disebabkan oleh alam. Angin kencang dan ombak yang tinggi sering membawa sampah ke pesisir pantai. Untuk itulah pihaknya, secara rutin melalui camat, kepala desa agar masyarakat sekitar pantai senantiasa rutin menjaga kebersihan pantai. Pihaknya di Dinas Lingkungan Hidup dengan memanfaatkan momen-momen tertentu seperti Hari Jadi Kota Gianyar, menjadikan aksi bersih-bersih sebagai agenda wajib dilakukan dalam rangkaian kegiatan.

“Secara umum lingkungan di sekitar pantai Purnama sudah cukup bersih dari sampah, ini membuktikan kesadaran masyarakat sudah cukup tinggi akan menjaga kebersihan lingkungan,” tegas Kujus Pawitra. Lanjut Kujus, aksi bersih lingkungan ini akan rutin dilakukan setiap Jumat dengan melibatkan seluruh OPD di Lingkungan Pemkab. Gianyar, siswa sekolah, organisasi pemuda dan masyarkat sekitar. Ditambahkan, sampah-sampah plastic yang telah dikumpulkan ini selanjutnya akan dibawa ke bank sampah yang ada di TPA Temesi Gianyar dan diolah dengan sitem daur ulang. Pada kasi bersih-bersih di pantai Purnama Desa Sukawati turut hadir Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara Drs. Rijaluzzman dan unsur Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali. (eni)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: