Beri Pelatihan ESP Bahasa Inggris, Dosen Unwar Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di SPN Polda Bali Singaraja

(Baliekbis.com), Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Warmadewa mengadakan Pelatihan Bahasa Inggris kepada staff SPN Polda Bali, Buleleng. Pelatihan ini dilaksanakan pada bulan Agustus dan September. Bentuk kegiatan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Google Classroom dan Zoom mengingat pelaksanaan PKM ini dilakukan di masa Pandemi Covid 19.

PKM ini bertujuan untuk meningkatkatkan skill berbahasa Inggris staff SPN Polda Bali. Hal ini sangatlah penting mengingat Singaraja merupakan salah satu destinasi pariwisata yang berada di Bali.

Sehingga dengan bekal pelatihan yang diberikan, mereka diharapkan mampu berkomunikasi dengan para wisatawan asing dengan baik seperti misalnya menyambut tamu dan memberikan informasi pada saat ada kunjungan dari turis mancanegara. Selain itu, perkembangan global menuntut semua elemen agar menjadi profesional dan proporsional, sehingga Polri menjadi institusi unggul dalam sumber daya manusia.

Adapun materi diberikan dalam kegiatan pelatihan ini, seperti greetings, asking and showing direction, dan giving information yang berkaitan langsung dengan ESP. Masing-masing materi diberikan oleh Tim PKM Prodi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Unwar yang beranggotakan Dr. I Gusti Ayu Agung Dian Susanthi, I Made Astu Mahayana, S.S, M.Hum., dan Dra. Ni Nyoman Kertiasih, S.S., M.Hum. Selain itu, para dosen dibantu oleh mahasiswa dalam megelola kelas pada google classroom. Ketua Tim PKM, Dr. I Gusti Ayu Agung Dian Susanthi menjelaskan bahwa dipilihnya SPN Polda Bali sebagai mitra merupakan hasil observasi dan diskusi langsung dengan Ketua SPN Polda Bali, Kombes Pol. Drs I Nengah Subagia dan wakilnya AKBP I Gusti Ngurah Agung Ade Panji Anom, SIK, MAP. Lebih lanjut dikatakan bahwa pelatihan ini berfokus kepada pelatihan ESP yang bersifat komunikatif. Oleh karena itu, pelatihan ini tidak menekankan pembelajaran struktur kata atau kalimat (grammar) yang biasanya mereka dapatkan pada saat duduk di bangku sekolah. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: