Bentara Muda Goes to Campus Hadirkan Diskusi Kreatif di IKIP PGRI Bali

(Baliekbis.com), Bertempat di Auditorium Redha Gunawan Kampus IKIP PGRI Bali, Jalan Seroja, Denpasar, Bentara Budaya Bali (BBB) dan Bentara Muda Bali menggelar program Bentara Muda Bali Goes to Campus, Minggu (12/01). Selaras program tersebut secara khusus diselenggarakan Diskusi Kreatif seputar penulisan dan upaya mengembangkan kehidupan kreatif bagi generasi muda.

Tampil sebagai narasumber Diskusi Kreatif yakni Ni Ketut Sudiani, seorang penulis dan mantan redaktur berita. Ini selaras pula upaya alih pengetahuan sebagaimana yang telah lama diniatkan BBB melalui agenda Kelas Kreatif Bentara.

‘‘Anak-anak muda sekarang saya kira harus berani mencoba berkreasi lintas bidang, bukan hanya fokus di bidangnya sendiri-sendiri, namun juga mencoba berkolaborasi dengan bidang-bidang lain baik secara individu maupun komunitas,“ ujar Sudiani yang telah menulis novel “The Voices of Butterflies“ berangkat dari pengalamannya sewaktu mengikuti program pertukaran pemuda di Kanada.

Sudiani juga mendorong generasi muda untuk aktif berorganisasi, termasuk terlibat dalam komunitas-komunitas kreatif guna mengasah minat dan bakat di luar bangku kuliah. Ia juga berbagi pengalaman dan pengetahuannya sewaktu menggeluti dunia jurnalistik.

Bentara Muda Bali Goes to Campus bekerja sama dengan kampus-kampus atau perguruan tinggi, institut maupun sekolah-sekolah terpilih. Program ini diniatkan mendorong terciptanya pergaulan kreatif bagi generasi muda selaras minat dan bakatnya, seturut upaya membangun budaya membaca buku bermutu juga mengapresiasi film-film pilihan.

Sebagaimana terduhulu, akan diketengahkan sosialisasi program Bentara Budaya, terutama terfokus pada generasi muda. Selain diisi seri diskusi atau pemutaran film, kegiatan ini utamanya ingin membangun pemahaman lebih mendalam perihal Bentara Budaya Bali sebagai lembaga seni budaya yang didedikasikan oleh Kompas Gramedia.

Adapun Bentara Muda Bali Goes to Campus kali ini bekerja sama dengan Senat Mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) IKIP PGRI Bali. Kegiatan dibuka langsung oleh Dekan FPBS IKIP PGRI Bali Dr. Komang Indra Wirawan, yang juga menyambut baik penyelenggaraan acara serupa ini.

Sebelumnya, Bentara Muda Bali Goes to Campus telah hadir dan menyelenggarakan berbagai program kreatif serta sosialisasi, di antaranya bekerjasama dengan Udayana Science Club dan BEM FISIP Universitas Udayana (April 2018), LPM Kanaka Universitas Udayana (April 2018), HMPS Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (Oktober 2018), Senat FPBS IKIP PGRI Bali (November 2018) dan Badan Eksekutif Mahasiswa UNHI Denpasar (Desember 2018). (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: