Bendesa Adat Duda: LPD Ringankan Tugas Desa Adat

(Baliekbis.com), Kehadiran LPD selain mendukung perekonomian warga desa adat, juga sangat membantu kegiatan desa adat itu sendiri. “Banyak kegiatan desa adat dibantu LPD. Seperti halnya LPD Duda Kecamatan Selat ini memiliki peran multi fungsi baik fisik maupun non fisik,” ujar Bendesa Adat Duda, I Komang Sujana,S,Ag. belum lama ini.

Dukungan LPD itu di antaranya saat kegiatan upacara di desa adat, pembangunan tempat ibadah. Bahkan administrasinya juga diserahkan kepada LPD. “Karena semua dana Desa Pakraman kita tempatkan di LPD. Semua pengeluaran yang berkaitan dengan pembangunan maupun kegiatan upacara juga satu pintu di LPD,” ungkapnya. Dengan demikian beban di desa adat jauh bisa berkurang. Prajuru yang ngayah di Desa Adat bisa lebih fokus. Dukungan LPD ini juga berimbas terhadap tingkat kepercayaan masyarakat terhadap LPD yang semakin meningkat dan ini dapat dilihat dari aset LPD maupun laba yang terus meningkat.

Sementara itu, I Wayan Suyasa, selaku Kepala LPD Duda sangat mengapresiasi dan berterimakasih pada seluruh Prajuru Desa Pakraman Duda atas kepercayaannya pada LPD baik itu pembangunan fisik maupun kegiatan upacara dimana semua dananya dan pelaporannya diserahkan di LPD. Ini merupakan kebijakan yang sangat bagus dalam memfungsikan LPD sesuai dengan tujuan didirikanya. Ia berharap kerjasama serta koordinasi yang selama ini sudah terjalin dapat terus lebih ditingkatkan. “Kita selaku lembaga adat siap ngayah demi tetap ajegnya Desa Adat sehingga hadirnya LPD akan memberikan kontribusi terhadap adat dan budaya,” ungkapnya. Lebih lanjut Suyasa menambahkan aset LPD hingga November 2018 ini telah mencapai Rp 90 miliar lebih. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: