Benarkah Membakar Terasi di Malam Hari Dapat Mengundang Makhluk Halus?

(Baliekbis.com), Sesungguhnya terdapat banyak cara yang tanpa kita sadari dapat memanggil makhluk halus atau hantu hingga jin untuk datang mendekat kepada kita sebagai manusia. Dari sekian banyak cara, ada satu hal sepele yang ternyata dapat mengundang keberadaan para hantu, yakni membakar terasi di malam hari.

Meski terdengar tak masuk akal namun orang Jawa kuno mempercayai hal ini. Karena menurut mereka bau terasi dibakar ini disukai para hantu. Jika membakar terasi di malam hari di sebuah ruangan gelap dan juga sepi maka sama saja mengundang ‘mereka’ untuk datang. Bau terasi akan terasa sangat amis dan dipercaya seperti bau darah oleh para makhluk halus.

Oleh karena itu, dalam hal ini, masyarakat Jawa Kuno sering mengaitkan penampakan tuyul, kuntilanak dan lainnya dengan bau terasi di malam hari. Mitos ini ternyata tidak hanya  berkembang di Jawa namun sampai ke Bali. Beberapa orang Bali percaya bahwa bau terasi bakar di malam hari akan berbau amis dan dapat menghadirkan setan atau makhluk halus. Jadi, jika Anda percaya, jangan coba-coba membakar terasi di malam hari. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: