Benarkah “Kids Zaman Now” Adalah Generasi Paling Narsis?

(Baliekbis.com), Didorong kesempatan tak terbatas untuk promosi diri dan refleksi diri di media sosial, ditambah budaya yang bisa dibilang lebih menekankan pentingnya penghargaan diri daripada pembelajaran, apakah kepribadian anak muda berubah dari generasi sebelumnya, menjadi lebih narsis dan egois? Dilansir dari BBC, sebagian psikolog mengatakan bukti bahwa anak muda telah menjadi “Generasi Aku” begitu kuat, tapi sebagian lain berpendapat itu tidak benar. Sementara itu, muncul bukti-bukti baru yang menunjukkan tren positif dalam perkembangan kepribadian kita seiring waktu, sebagaimana inteligensi yang meningkat dari generasi ke generasi.

Dalam tulisan di majalah New York baru-baru ini, Jesse Singal menjelaskan bahwa gerakan penghargaan diri begitu marak di sekolah-sekolah Amerika, yang mengadopsi pelatihan seperti bola Koosh: “Seorang anak memberikan bola kepada anak lain dan memuji mereka – saya suka kaus yang kamu pakai. Kemudian mereka mengoper bola itu kepada yang lain dan memuji mereka – kamu pandai bermain bola. Perasaan baik pun diteruskan bersama bola Koosh, yang terus berpindah tangan di dalam ruangan.” Dengan adanya tren budaya ini, tentu masuk akal kalau pemuda masa kini mungkin telah belajar untuk melihat diri mereka sebagai orang yang berbakat dan menjadi haus akan pujian.

Para peneliti, yang dipimpin Markus Jokela dari Universitas Helsinki, menganalisis data kepribadian dari hampir setengah juta peserta wajib militer di antara tahun 1962 dan 1976, yang diambil ketika mereka berusia 18 atau 19. Jokela dan rekan melaporkan bahwa seiring waktu, angkatan yang lebih muda mendapat skor lebih baik dalam tes tentang sifat yang terkait dengan ekstroversi, seperti keramahan dan energetik, serta sifat yang dihubungkan dengan kesungguhan, seperti tanggung jawab dan kesediaan untuk berjuang demi mencapai tujuan. Tampaknya memang benar bahwa ‘kids zaman now’ lebih percaya diri daripada generasi sebelumnya. Apakah Anda melihatnya bahwa sebagai tanda kepribadian yang sehat atau sinyal narsisme yang mengkhawatirkan, mungkin lebih ditentukan oleh diri Anda sendiri daripada mereka. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: