Belasan Pengusaha Sukses Tampil di Pesta Wirausaha TDA

Ketua Panitia Pesta Wirausaha Made Sugita (kanan) dan Ketua TDA Bali Hendra W. Saputro (kiri) saat memberi keterangan kepada wartawan terkait Pesta Wirausaha Bali, di Warung  Kubu Kopi, Jumat (9/12/20126).
Ketua Panitia Pesta Wirausaha Made Sugita (kanan) dan Ketua TDA Bali Hendra W. Saputro (kiri) saat memberi keterangan kepada wartawan terkait Pesta Wirausaha Bali, di Warung Kubu Kopi, Jumat (9/12/20126).

 

(Baliekbis.com), Sebagai ajang meningkatkan kapasitas diri, komunitas bisnisTangan Di Atas (TDA) menggelar Pesta Wirausaha Bali yang diselenggarakan pada 10-11 Desember 2016 mendatang. Ketua Panitia PestaWirausaha Bali, Made Sugita menuturkan sebagai daerah tujuan wisata, Bali kian dilirik untuk dijadikan tempat yang menjanjikan untuk berbisnis terlebih pengusaha dari luar, dimana tahun 2016  gerbang MEA sudah dibuka sehingga persaingan pasar semakin ketat. Pengusaha lokal, lanjutnya membutuh kan suatu ajang dimana mereka bisa meng-‘upgrade knowledge’, saling bertemu dan berkolaborasi untuk memenangkan persaingan sehingga nantinya dapat memajukan ekonomi para pengusaha khususnya dan masyarakat wilayah pada umumnya.“Untuk itulah PestaWirausaha Bali dilakukan, selain seminar, talkshow, juga digelar workshop wirausaha,” ungkapnya, Jumat (9/12/2016) kepada wartawan di Warung Kubu Kopi, Renon.

Pada Pesta Wirausaha yang akan digelar di Balai Diklat Industri, Denpasar selama dua hari itu,  pada hari pertama dan kedua kegiatan akan dikhususkan pada seminar bertema scale up bisnis, yang akan membakar semangat dan member ilmu para pengusaha agar tetap bersemangat dalam memperjuangkan bisnisnya. Selain seminar tambah Sugita, ada pula workshop yang bertema spesifik, yaitu kelas materi bisnis untuk pengembangan usaha sesuai dengan kondisi zaman sekarang. Di antaranya meliputi topik manajemen SDM, finansial, pemasaran dan strategi di dunia online. Berlangsung di ruangan berkapasitas 400 orang, Pesta Wirausaha Bali 2016 akan menampilkan pembicara-pembicara dengan tema umum, inspiring, motivasi, entrepreneurship.  Ada belasan pembiacara yang akan mengisi seminar di antaranya Walikota Denpasar, Ida Bagus Ra iDharmawijaya Mantra, ‘Jerinx’ SID, Motivator Alex P. Chandra, Hendy Setiono Pengusaha nasional Kebab Turki Baba Rafi, Sutrisna Dewi Founder Indonesia YES dan lainnya.

Di ajang tersebut juga digelar pameran promosi produk UKM yang meliputi multi produk, demo produk dengan target 50 booth pameran. Di samping itu acara ini juga sebagai ajang berkumpul member TDA dan membangun jaringan semua peserta.Tujuannya adalah untuk membangun sinergi sesame peserta agar bisa unggul dalam menghadapi kompetisi bisnis. Ketua TDA Bali, Hendra W Saputro menjelaskan komunitas bisnis TDA adalah sebuah Komunitas sosial dan non profit oriented yang merupakan gabungan para wirausahawan Indonesia yang didirikan pada tahun 2006 oleh Badroni Yuzirman dan 6 pengusaha lainnya. TDA mempunyai visi membentuk pengusaha-pengusaha tangguh dan sukses yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban.Sampai 2016, tidakurang dari 20.000 member telah bergabung di TDA dan sekitar 5.000 di antaranya telah terdaftar.

Sampai tahun 2016, TDA telah hadir di 55 kota di seluruh Indonesia, termasuk Denpasar – Bali. Bahkan TDA telah hadir di 4 negara yaitu TDA Hongkong, TDA Mesir, TDA Singapura dan TDA Malaysia, sehingga pekerja Indonesia yang berada di negara bersangkutan dapat mempersiapkan diri bila nantinya akan berwirausaha. Dalam menjalankan aktivitas, landasan utama adalah semangat saling berbagi, saling mendukung dan bekerja sama, saling berupaya untuk mewujudkan impian bersama dengan meningkatkan kompetensi para wirausahawan melalui berbagai seminar, workshop, pelatihan.

Visi TDA adalah membentukpengusaha-pengusaha tangguh dan sukses yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban. Adapun misi TDA yakni menumbuh kembangkan semangat kewirausahaan, membentuk 10.000 pengusaha miliader yang tangguh dan sukses sampai tahun 2018, menciptakan sinergi di antara sesame anggota dan antaranggota dengan pihak lain, berlandaskan prinsip high trust community.  Menumbuhkanj iwa sosial dan berbagi di antaraanggota dan menciptakan pusat sumber daya bisnis berbasis teknologi.

 

Nilai –nilai TDA yakni  Silaturahim (Saling mendukung, Sinergi, Komunikasi, Kerja sama, Berbaik sangka, Teamwork, Sukses Bersama), Integritas ((Kejujuran, Transparansi, Amanah, Win-win, Komitmen, Tanggungj awab, Adil), Berpikiran Terbuka (Continuous Learning, Continuous Improvement, Kreatif, Inovatif),  BerorientasiTindakan (Semangat solutif, Konsisten, Persisten, Berpikir dan bertindak positif, Give and Take, Mindset Keberlimpahan) dan  Fun  yakni menjaga keseimbangan dalam hidup.

Program kerja rutin tahunan Komunitas BisnisTDA yang diselengarakan sebagai sarana untuk para pengusaha dalam meningkatkan knowledge bisnisnya, memperluas networking, promosi produk dan menjaga konsistensi semangat berwirausaha. Dengansemangat dan keinginan yang kuat agar cara ini bisa dirasakan manfaatnya oleh lebih banyak wirausahawan dan calon wirausahawan, sejak tahun 2013 Komunitas TDA sudah mulai menyelenggarakan PestaWirausaha di wilayah-wilayah seluruh Indonesia. “Diawali dengan Pesta Wirausaha di 10 kota pada tahun 2013 lalu, hingga kini kami telah menyelenggarakan di 15 kota yaitu Bekasi, Lampung, Mataram, Batam, Surabaya, Depok, Jambi, Samarinda, Jogya, Medan, Banjarmasin, Tangerang, Bogor, Bali dan ditambah 1 Pesta Wirausaha Nasional di Jakarta sebagai puncaknya,” tambah  Hendra W. Saputro.  (ist)