Bekerjasama dengan The Japan Foundation Jakarta, Sinema Bentara Tayangkan Film-Film Jepang Terpilih

(Baliekbis.com), Pemutaran film pertama Sinema Bentara di tahun 2020 mengetengahkan film-film Jepang terpilih yang terangkai dalam tajuk “Kisah Keluarga dan Persahabatan“, berlangsung pada Sabtu (18/01) dan Minggu (19/01) di Bentara Budaya Bali (BBB), Jl. Prof. Ida Bagus Mantra No.88A, Ketewel. Adapun program kali ini didukung oleh The Japan Foundation Jakarta, selaras agenda pameran “Japanese Design Today 100“.

Selama dua hari, terdapat tiga judul film yang ditayangkan. Yakni Noriben-The Recipe of Fortune (Nonchan noriben) garapan sutradara Akira Ogata dan Happy Flight yang diarahkan oleh Shinobu Yaguchi yang tayang pada hari pertama. Sedangkan pada hari kedua diputarkan film Shodo Girls!! (Watashi tachi no koshien) buah cipta sutradara Ruichi Inomata serta diisi sesi diskusi bersama perwakilan The Japan Foundation Jakarta.

Adapun film-film terpilih yang ditayangkan kali ini terbilang istimewa dan telah diputar di berbagai festival internasional. Semisal Noriben-The Recipe of Fortune (Nonchan noriben), yang mendapatkan International Premiere di Hawaii International Film Festival 2009 serta diputar pada Festival Nippon Connection ke-13 tahun 2013. Film yang diproduksi tahun 2009 ini berkisah tentang Komaki yang memutuskan meninggalkan suaminya, novelis Noritomo yang gagal, dan membawa putrinya Noriko ke rumah ibunya.

Komaki ingin memulai sesuatu yang benar-benar baru. Di tengah harapannya untuk menemukan pekerjaan, ia harus berhadapan dengan sekian kali ada penolakan dan kenyataan sulitnya menjadi orang tua tunggal. Setelah “noriben” yang ia bungkus untuk makan siang Noriko menjadi hit besar di taman kanak-kanak, ia memutuskan untuk membuka toko “bento” sendiri yang menawarkan makanan murah yang baik.

Sedangkan film Shodo Girls!!, yang berangkat dari kisah nyata, telah ditayangkan pada Pasar Cannes 2010, sebuah acara yang berjalan secara bersamaan dengan Festival Film Cannes. Selain itu, film ini juga diputar di Hawaii International Film Festival 2010, dan meraih penghargaan Best New Artist pada Hochi Film Awards 2010 dan “Best Newcomer” pada Blue Ribbon Awards 2010.

Film Shodo Girls!! mengisahkan sekelompok siswa sekolah menengah di Ehime yang menggelar turnamen kinerja ‘shodo’ (kaligrafi) untuk merevitalisasi kota mereka. Kota Shikokuchuo Ehime adalah daerah terkemuka di Jepang dalam produksi kertas tetapi resesi melanda dan toko-toko kertas mulai menderita kebangkrutan.

Penonton yang sebagian besar terdiri dari anak-anak muda dan penikmat film amat mengapresiasi sinema-sinema Jepang ini. Film-film tersebut mampu melukiskan arti kebersamaan dalam keluarga serta kehangatan persahabatan. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: