Banyak Manfaat Kesehatan di Balik Trend Cantiknya Flowering Tea

(Baliekbis.com), Tidak saja sebagai trend lifestyle, tenyata mengkonsumsi flower tea atau teh yang terbuat dari beragam jenis bunga juga memiliki manfaat kesehatan. Bahkan tidak main-main, minum teh bunga ini juga bisa membuat seseorang terbebas dari serangan kanker. Seperti apa?

Nikki Indrawati, Konsultan Nutrisi dan Detokfikan menyebutkan aktivitas mengkonsumsi teh bunga sebenarnya sudah ada sejak dulu kala. “Namun di Indonesia tidak begitu populer. Padahal jenis bunga yang bisa digunakan untuk bahan teh tersedia sangat banyak di Indonesia dan Bali pada khususnya,” jelasnya.

Salah satu jenis bunga yang saat ini sedang trend dan menjadi primadona bagi mereka yang suka minum teh adalah bunga telang (Clitoria ternatea), adalah tanaman yang terkenal karena bunganya yang berwarna biru cerah dan dapat dimakan.

Bahkan diakui Nikki, sebelum dikenal sebagai salah satu flower tea di era modern, bunga telang juga telah digunakan dalam Ayurveda serta pengobatan tradisional Asia dan Timur Tengah selama berabad-abad.

Selain bunga telang, jenis bunga lain yang digunakan sebagai teh adalah kuncup bunga mawar atau lebih populer dengan sebutan Golden Rosebud. “Kandungan polifenol yang tinggi dan aroma yang manis pada kuncup bunga mawar ini, membuat konsumsi teh bunga mawar ini bisa memberikan efek relaksasi,” lanjutnya.

Selain itu, manfaat lain dari rose tea ini adalah, melancarkan sirkulasi darah, meredakan rasa sakit saat periode haid, menyegarkan tubuh yang lelah dan melembabkan kulit. Jenis bunga lain yang bisa digunakan sebagai teh dan memiliki manfaat kesehatan adalah, bunga Globe Amaranth atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan bunga kenop dan dalam bahasa Bali lebih dikenal sebagai Bunga Ratna.

Bunga ini merupakan jenis bunga tropis yang memiliki khasiat untuk membersihkan hati, mengencerkan dahak, meredakan batuk menauh, meringankan asma, hingga mampu membantuk proses detok pada organ paru-paru. Dengan banyaknya khasiat dari bunga-bunga tersebut, maka aktivitas minum teh bunga dikatakan Nikki, tidak saja sebagai bagian dari lifestyle.

“Namun bisa menjadi salah satu bentuk terapi dengan menggunakan bahan alami untuk menyembuhkan penyakit,” tambahnya. (ist)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.