Bank Mandiri Minta Maaf, Dana Nasabah Dijamin Aman

(Baliekbis.com),Bank Indonesia maupun Bank Mandiri menjamin gangguan IT yang terjadi bisa segera normal dan dana nasabah dijamin sepenuhnya aman.

“Sehubungan dengan terjadinya gangguan IT di Bank Mandiri
kami minta masyarakat agar tenang dan tidak panik,” ujar KaKPw BI Provinsi Bali Causa Iman Karana, Sabtu (20/7/2019) di Denpasar.

Pernyataan itu disampaikan sehubungan terjadinya gangguan IT di Bank Mandiri yang menyebabkan ada dana nasabah yang mendadak berkurang, bahkan bisa nol. Sementara ada dana nasabah yang bertambah.

KaKPw BI Provinsi Bali Causa Iman Karana yang akrab disapa Cik mengatakan pihak Bank Mandiri telah mengambil langkah untuk mengatasi gangguan yang terjadi dengan memperbaiki sistem dan menyatakan bahwa dana nasabah aman.

BI juga terus berkomunikasi dan memantau proses penyelesaian. Dan tentu BI mengawal terus pelaksanaan aturan perlindungan konsumen. “Jika terdapat nasabah yang saldonya kurang atau lebih, dalam rangka perlindungan konsumen, ada aturan/standard keamanan. Misalnya untuk melaksanakan business contingency plan (BCP), melakukan back-up atas data transaksi, dan prosedur resolusi apabila terjadi dispute (misalnya jika ada kasus perbedaan jumlah saldo),” ujar Cik.

Ditambahkan terkait dengan kasus yang terjadi, pihaknya berharap dapat segera diatasi mengingat bank juga telah lakukan komunikasi dan menjamin keamanan dana nasabah kepada masyarakat.

BI juga mengimbau masyarakat/nasabah tetap tenang. “Jika ingin tahu tentang saldo dan keamanan rekeningnya, dapat mengkonfirmasi atau cek kepada bank, agar memperoleh informasi yang benar terkait keamanan saldo rekeningnya,” tambah Cik yang tak lama lagi akan menempati pos barunya di Jepang.

Bank Mandiri saat ini tengah melakukan pemeliharaan/ maintenance sistem teknologi informasi untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan nasabah. Menurut Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, dalam proses pemeliharaan dan peningkatan kualitas sistem IT tersebut, berdampak pada berubahnya nilai saldo sebagian nasabah. Bank Mandiri saat ini sedang melakukan normalisasi saldo rekening yang terdampak pemeliharaan sistem IT tersebut.

“Kami memohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sedang melakukan normalisasi saldo nasabah dan kami juga memastikan bahwa dana nasabah tetap aman serta tidak hilang,” kata Rohan Hafas, Sabtu (20/7).

Bank Mandiri mempersilakan nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungannya ke kantor cabang Bank Mandiri. Rohan meminta nasabah tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
“Kami pastikan rekening nasabah, aman,” tegas Rohan. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: