Bangun Sektor Pertanian, Pemprov Bali Kunjungi BBPP Ketindan dan Balitjestro

(Baliekbis.com), Perhatian Pemerintah Provinsi Bali dalam memajukan segala bidang khususnya sektor pertanian sudah banyak dirasakan masyarakat Bali. Namun upaya Pemprov Bali tidak terputus sampai disitu melainkan terus mencari inovasi dan perbandingan kemajuan dengan daerah lainnya. Hal tersebut dikatakan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali, I Dewa Gede Mahendra Putra, Minggu (30/7/2017).

Dijelaskan, press tour ke Kabupaten Malang dengan sejumlah awak media Bali adalah untuk mendapatkan informasi dan menambah wawasan yang berkaitan dengan usaha pemerintah dalam membangun sektor pertanian untuk mendukung pariwisata dengan mengunjungi berbagai terobosan di bidang pertanian. ”Salah satunya Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) di Ketindan, Kabupaten Malang,” ucapnya. Dari hasil kunjungan ini akan dipublikasikan ke masyarakat agar mengetahui kemajuan teknologi yang dikembangkan dalam membangun bidang pertanian. Bahkan dari kunjungan ini juga mendapat respon positif dari Kepala BBPP Ketindan Djajadi Gunawan. “Selain itu, BBPP Ketindan sedang melakukan pelatihan yang diikuti sebanyak 22 penyuluh pertanian untuk mempelajari teknologi pembudidayaan padi, jagung, kedelai, bawang merah dan cabai,”jelasnya.

Selain BBPP Ketindan, kunjungan dilanjutkan ke Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) di Kota Batu. Balitjestro adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) penelitian dan pengembangan pertanian tanaman jeruk. Terkait keberlanjutan suplai produksi jeruk dalam satu tahunnya masih menjadi kendala pascaproduksi petani jeruk di Bali, imbuhnya. Melihat kondisi tersebut nantinya Pemprov Bali akan berupaya merangkul pihak ketiga seperti hotel dan restoran untuk menampung produk-produk lokal dari petani Bali. “Keluhan dari petani adalah pascapanen, sebenarnya itu sudah bukan masalah karena kita sudah kerja sama dengan pihak hotel dan pemda untuk setiap jamuan harus menggunakan buah lokal. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: