Bangun Generasi Muda Pedesaan Berkarakter, Buleleng Sosial Comunity Sinergi dengan UT Gelar Pendidikan Gratis “Rumah Belajar Terbuka”

(Baliekbis.com),  Mahasiswa Bidikmisi Universitas Terbuka (UT) Pokjar Seririt bekerja sama dengan komunitas sosial di Buleleng yang lebih di kenal dengan Buleleng Social Community (BSC) memulai sebuah kegiatan sosial dengan kegiatan “Rumah Belajar Terbuka” di Desa Banjar Tegeha, Kec. Banjar Kab. Buleleng, dengan tema “Mari kita putus rantai kemiskinan melalui peningkatan karakter dan kualitas pendidikan sejak dini”.

Kegiatan tersebut diresmikan Minggu (11/11) oleh Koordinator Bantuan Belajar Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Denpasar Gede Suwardika, S.Si.,M.Si. yang mengatakan kegiatan sosial seperti ini baru pertama kali dilakukan oleh mahasiswa bidikmisi UT di seluruh Bali. Ia berharap kegiatan seperti ini bisa memberi impak positif bagi masyarakat, terus dilanjutkan dan tetap eksis dari masa ke masa.

Kegiatan Rumah Belajar Terbuka ini atau yang disingkat RBT menyasar anak-anak sekolah Desa Banjar Tegeha yang memiliki keterbelakangan pendidikan di sekolahnya atau yang menduduki peringkat terakhir di kelasnya. Hal tersebut dilaksanakan agar anak yang memiliki tingkat pengetahuan rendah di kelasnya bisa memiliki wawasan yang sama dengan temannya yang lebih pintar. Kegiatan ini juga dihadiri Perbekel Desa Banjar Tegeha Ida Putu Semadi yang berharap dengan dibukanya kegiatan ini bisa menjadikan anak-anak Desa Banjar Tegeha menjadi anak-anak yang sukses kelak.

Ketua Buleleng Social Community Made Eka Tirtayana, S.E. menambahkan kegiatan pembelajaran ini beda dengan di sekolah karena ini merupakan pembelajaran kreatif, belajar sambil bermain dan tidak dipungut biaya sama sekali termasuk karena perlengkapan belajar yang diperlukan oleh anak-anak sudah disiapkan.

Kegiatan RBT ini akan diselenggarakan selama 6 bulan di Desa Banjar Tegeha dengan tim pengajarnya yaitu mahasiswan dan mahasiswi bidikmisi UT pokjar Seririt dan juga disupport oleh beberapa dosen dan mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha jurusan Bahasa Inggris dan Jurusan Matematika sebagai penyedia materi. Tak luput juga pada kegiatan ini diserahkan bantuan berupa meja belajar dan 50 tas lengkap dengan alat tulisnya oleh Buleleng Social Community yang juga disuport oleh Relawan Bali dan De Kaori Kantine. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: