Bali, Salah Satu Lima Kota Besar Sosialisasi Buku Proyek Desain

(Baliekbis.com),Kemenparekraf RI memfasilitasi 5 asosiasi profesi subsektor desain; ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia), ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri lndonesia), Aidia (Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia), HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia) dan HDll (Himpunan Desainer Interior lndonesia) menerbitkan buku Proyek Desain: Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain di Indonesia tahun 2019 lalu.

Penerbitan buku tersebut dalam upaya memajukan ragam desain di Tanah Air. Sosialisasi mengenai buku diadakan secara rangkaian di lima kota besar yakni Yogyakarta, Denpasar, Bandung, Tangerang Selatan dan Semarang yang dikemas dalam acara talkshow bertajuk “Bincang Ragam Desain”.

Talkshow menghadirkan Kemenparekraf Rl, perwakilan asosiasi penyusun buku, dan bintang tamu dari kalangan profesional desainer, pelaku usaha, industri, kampus dan pemerintah.

“Acara episode 02 diadakan di Bali, pada Kamis, 15 Oktober 2020 yang disiarkan secara langsung dari
Umah Seminyak dan akan ditonton secara daring melalui platform zoom dan akun youtube bit.ly/bincangragamdesain,” ujar Direktur Kajian II Kemenparekraf Dian Permatasari di sela sosialisasi buku Proyek Desain di Kuta, Kamis (15/10) malam.

Dian mengatakan pihaknya mendukung penerbitan buku proyek desain karena nantinya akan memberikan wawasan mengenai ragam desain. Buku proyek desain jilid I sudah terbit dan telah dicetak ribuan buku. Selain dicetak, buku ini juga bisa diunduh secara digital.

“Bincang Ragam Desain ini menghadirkan perwakilan penyusun buku dan bintang tamu dari kalangan profesional desainer, pelaku usaha, industri, perguruan tinggi dan pemerintah,” jelasnya.

Pembicara episode 02 adalah Dr. Wawan Rusiawan, MM. selaku Direktur Kajian Strategis sebagai narasumber perwakilan Kemenparekraf Rl.

Sementara dari pihak asosiasi diwakili oleh Sari Wulandari sebagai Anggota ADGI dan Mochammad Reffrajaya sebagai praktisi dan anggota HDII. Bintang tamu menghadirkan I Nyoman Astina Pasek, seorang owner lokal Bali Hostel di Badung Bali.

Acara Bincang Ragam Desain juga membahas mengenai makna desain, proses desain dan pengalaman profesi I Nyoman Astina Pasek sebagai seorang pelaku kreatif. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: