Bali Marathon 2017 Digeber Minggu, Arus Lalin Dialihkan 

(Baliekbis.com), Pelaksanaan evet tahunan lomba lari Internasional Maybank Bali Marathon (MBM) 2017 dipastikan akan mengubah arus lalu lintas (Lalin) di Gianyar. MBM yang akan dilaksanakan Minggu (27/8) di Bali Safari and Marine Park Lebih ini, membuat Sat Lantas Polres Gianyar sudah merancang pengalihan arus lalu lintas di sepanjang lintasan yang akan dilalui.

Kasat Lantas Polres Gianyar,  AKP I Gede Astawa, Rabu (23/8) membenarkan jika ada perubahan rute MBM 2017. Menurutnya, kali ini tidak hanya di wilayah Gianyar, rutenya juga melintasi kabupaten Klungkung. Memastikan kelancaran lomba serta dampak arus lalu lintas, pihak kepolisian telah merancang skema rekayasa lalu lintas. “Intinya kami sudah rekayasa sedemikian rupa dengan mempertimbankan titik sensitif yang kerap memperparah kemacetan  lalu lintas dari Sukawati ke Ubud,” ungkapnya. Dikatakan, MBM ke-6 ini mencoba rute baru yakni kabupaten Gianyar dan Klungkung. Start dan finish tetap di depan Bali Safari & Marine Park.  Namun arahnya dibalik, yakni start menuju Klungkung melintasi Jalan IB Mantra hingga Jembatan Tukad Unda, belok ke kiri melintasi Gelgel, Takmung,  Banjarangkan. Kemudian melintasi kota Gianyar menuju Blahbatuh, Belega, Abianbase, Serongga dan kembali ke Lebih. “Rekayasa lalu lintas diberlakukan buka-tutup secara kondisional serta alih arus,” ungkap Astawa.

Sehubungan dengan gelaran Bali Marathon ini,  jajarannya sudah melakukan koordinasi lintas instansi. Pegalihan arus  lalu lintas  mulai dari  jalan IB  Mantra simpang Patolan atau simpang Pering,  ditutup jalur sebelah utara dan akan digunakan lajur sebelah selatan (kontra flow). Demikian pula dari Simpang Siyut juga ditutup di jalur utara. Sedangkan untuk di kota Gianyar arus lalu lintas akan dilaksanakan buka tutup sesuai kebutuhan giat pelari. “ Kami minta kepada penggguna jalan khususnya kendaraan besar seperti Truk dan sejenisnya agar tidak melintas di jalan  IB Mantra dan Kota Gianyar,” harapnya. Penutupan arus di Jalan By Pass IB Mantra, sebutnya, untuk  penutupan jalur Simpang Pering menuju Lebih akan diberlakukan  mulai pukul 00.00 hingga 14. 00. Sedangkan jalur Simpang Lebih hingga Jembatan Unda diberlaukan hingga Pukul 09.00. Namun, untuk lajur selatan akan diberlakukan dua arah selama penutupan. Untuk jalan utama kota, dari Gianyar–Klungkung kami berlakukan satu arah dari pukul 03.00 hingga 12.00. “Masyarakat yang melintas di  Rute lomba, kami mohon pengertiannya agar menyesuaikan kegiatannya dengan jadwal ini,” harapnya. Pada MBM 2017, Maybank Indonesia melakukan sejumlah penyegaran untuk memberikan tantangan baru (new adventure) dan running experience yang lebih baik. Menyusuri dua kabupaten yaitu Gianyar dan Klungkung, mulai dari rute 10K, Half Marathon hingga Full Marathon. MBM 2017 akan memperebutkan total hadiah Rp 2 Miliar lebih bagi 86 orang pemenang. (ibg)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.