Babinsa Bersama Petani Berburu Tikus

(Baliekbis.com), Hama tikus merupakan salah satu musuh utama para petani. Untuk itu paska panen beberapa minggu yang lalu Babinsa Koramil 1626-03/Tembuku Kodim Bangli bersama sama PPL dan petani, beramai ramai melakukan gropyokan (berburu) hama tikus di persawahan Subak Tembuku Kangin Bangli, Jumat (20/4).

Menurut Babinsa Serda I Nyoman Jujur dengan gropyokan ini dianggap ampuh untuk mengusir hama tikus yang meresahkan petani. Selain itu, dengan gropyokan secara tidak langsung menumbuhkan semangat gotong royong antara Babinsa dan petani dalam mengatasi hama tikus di sawah mereka, dari sawah satu ke sawah yang lainnya.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani diberikan sosialisasi bagaimana cara berburu tikus menggunakan pentungan. Gropyokan ini sebagai upaya mengurangi serangan tikus, terhadap tanaman padi, karena paska panen kegiatan gropyokan dapat dilaksanakan dengan leluasa dan tidak merusak tanaman.

“Mudah-mudahan saja kegiatan ini dapat membuahkan hasil yang maksimal, sehingga gangguan hama tikus dapat berkurang dan hasil panen meningkat untuk menunjang Program Ketahanan Pangan yang lebih maksimal,” ujarnya.

Senada Kelian Subak Tembuku Kangin I Wayan Sumada mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Babinsa dan PPL atas inisiatif dalam membantu petani.

“Kegiatan ini sangat positif dalam membangun kebersamaan serta diharapkan dapat dilanjutkan secara berkesinambungan secara bergandengan sehingga terwujud kebersamaan antara TNI, PPL dan warga subak Tembuku Kangin dalam mendukung kegiatan pangan di wilayah Bangli”, ungkapnya.(job)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: