AUN-QA Lakukan Penilaian Mutu Pendidikan UGM

(Baliekbis.com), ASEAN University Network on Higher Education for Quality Assurance (AUN-QA) melakukan penilaian mutu kualitas pendidikan dan pengajaran di Universitas Gadjah Mada (UGM). Proses penilaian secara institusional terhadap UGM akan dilakukan selama lima hari, 26 Februari hingga 2 Maret 2018 mendatang. Tim asesor dari AUN akan melaksanakan penilaian melalui audiensi dengan seluruh elemen kampus seperti Rektor, MWA, Senat Akademik, Direktur, dosen, mahasiswa, serta tenaga kependidikan. Rektor UGM Prof.Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., mengatakan UGM terus berusaha untuk meningkatkan rekognisi di tingkat global. Upaya yang dilakukan di antaranya dengan meningkatkan publikasi ilmiah, kolaborasi riset, pertukaran mahasiswa dan staf, serta akreditasi internasional.

Prof. Panut berharap penilaian yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. Melalui penilaian ini nantinya diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pengajaran, serta kualitas lulusan. “UGM terus berupaya meningkatkan kualitas lulusan yang dihasilkan dan dapat berdaya saing di level internasional serta dapat berkontribusi bagi bangsa dan dunia,” paparnya, Senin (26/2) saat menerima tim asesor AUN QA di Balai Senat UGM. Excecutive Director AUN-QA, Prof.Dr. Nantana Gajaseni, menyebutkan penilaian yang dilakukan AUN QA merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi. Hingga saat ini telah dilakukan penilaian terhadap empat perguruan tinggi di kawasan ASEAN.

“Sudah ada 4 universitas di ASEAN yang mendapatkan penilaian AUN QA secara institusi dan UGM menjadi institusi perguruan tingggi ke-5 yang akan menjalani asesmen,” jelasnya. Nantana menyampaikan apresiasi atas komitmen UGM yang terus bekerja sama dengan AUN. Dia berharap hasil penilaian nantinya dapat bermanfaat untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sistem pendidikan dan pengajaran di UGM. Penilaian AUN-QA terdiri dari 25 kriteria dalam QA startegis, QA sistemik, QA fungsional, dan results. Penilaian mencakup sistem perencanaan, implementasi, evaluasi, serta tindak lanjut yang dilakuakn UGM sebagai perguruan tinggi. (ika)

 

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: