Api Porprov XIII di Gianyar Segera Diarak Keliling Bali

(Baliekbis.com), Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XIII di Gianyar pada tanggal 17 September 2017 akan dilaksanakan di GOR Kapten I Wayan Dipta. Sebelum pembukaan, Api Porprov Bali XIII di Gianyar akan diambil pada tanggal 12 September 2017 di Pura Hyang Api Desa Kelusa Kecamatan Payangan Gianyar. Api Porprov Bali XIII selanjutnya akan melewati 7 Kecamatan, 8 Kabupaten/ Kota di Bali. Hal ini dikatakan Ketua Umum KONI Bali Ir. I Ketut Suwandi, Selasa (5/9).

Seperti diketahui bahwa kegiatan Porprov Bali XIII di Gianyar ini dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemrov) Bali. Nantinya yang bertarung di Porprov Bali XIII dipastikan ada 34 cabang olahraga (Cabor). Sebelum acara pembukaan dimulai pada tanggal 17 September 2017, sejak 31 Agustus 2017 sudah bergulir pertandingan di cabor bola basket dan sepak bola. Namun ada hal yang perlu diingatkan dalam penyelenggaraan Porprov Bali XIII di Gianyar yakni di setiap pertandingan nanti diimbau kepada media agar mengkritisi penyelenggaraan event dua tahunan ini. “Terutamanya mulai dari sarana-prasarana hingga pelaksanaan pertandingan 34 cabor dan dua cabor eksibisi supaya pada even berikutnya bisa ada perubahan yang lebih baik,” terangnya.

Dijelaskan, hasil Porprov Bali XIII di Gianyar  ini memiliki nilai strategis untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX tahun 2020. Atlet yang ke PON dimaksud adalah melalui Porprov ini. Terkait venue yang belum dirasakan sepenuhnya siap 100 persen dikatakan sudah bisa dipakai  walaupun ada kendala tapi tidak akan mengganggu jalannya pertandingan yang sudah dijadwalkan dari awal,”jelasnya. Sementara Wakil Ketua Umum KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan yang juga Ketua Umum Pengprov Perbasi Bali menegaskan yang akan menjadi tuan rumah Porprov Bali XIV 2019 adalah Kabupaten Tabanan. Pihaknya masih menunggu jadwal rapat anggota KONI Bali yang direncanakan digelar sebelum Porprov Bali XIII di Gianyar. “Karena pergeseran tuan rumah multievent dua tahunan itu masih kans kuat milik Tabanan, sebab sampai saat ini belum ada daerah yang menyatakan kesiapannya selain KONI Tabanan,”ucapnya. Tabanan disebutkan telah mengantongi surat rekomendasi dari pucuk pimpinan di daerahnya dalam hal ini Bupati Tabanan. “Sampai saat ini memang Tababan kandidat tuan rumah Porprov Bali XIV 2019. Tetapi tidak menutup yang lainnya mengajukan sebagai tuan rumah. Namun sebelum ditetapkan daerah mana yang paling siap, akan digodok kembali terutama dari sisi anggaran, kesiapan venue dan faktor penunjang SDM,”tambahnya. (sus/don)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: