Apakah Benar Anak Kecil Bisa Melihat Hantu?

(Baliekbis.com), Apakah benar anak kecil bisa melihat hantu? Pertanyaan ini sering kita dengar maupun pikirkan. Dilansir dari Washington Post, Jumat (29/5/2020), setiap bayi memiliki kemampuan untuk melihat keberadaan makhluk tak kasat mata. Lalu kenapa orang dewasa tidak dianugerahkan kemampuan yang sama?

Hal ini karena penglihatan di sekitar gelombang sinar UV dan infra merah, banyak ahli menyatakan bahwa hantu memiliki wujud sinar UV dan infra merah makanya anak kecil bisa lihat. Sedangkan secara spiritual, anak kecil dipercaya masih ada yang ‘menemani’, biasanya para leluhur. Ini kerap disebut sebagai teman imajiner atau khayalan. Bila suatu saat si kecil melihat ke salah satu sudut, coba perhatikan apakah dia melakukan komunikasi perlahan.

Terdapat sebuah kisah di BuzzFeed, “Ketika anak perempuan saya berusia 3 tahun, dia mulai memberi tahu kami bahwa dia sering terbangun di malam hari oleh seorang pria yang terus menggelitik kakinya. Kami pikir dia hanya bermimpi sampai kami menemukan foto lama kakek-nenek saya pada hari pernikahan mereka dan putri saya menunjuk kakek saya dan berkata, Itu dia! Itulah pria yang menggelitik kakiku!” Kenyataannya adalah, kakek saya telah lama meninggal ketika saya berusia enam tahun.”

Baca Juga :   Tabletop Exercise, Antisipasi Ancaman Gempa dan Tsunami

Kisah tersebut mungkin benar adanya. Lalu, apa sih yang harus kamu lakukan saat anak melihat hantu? Sebagai orangtua yang baik, kita harus mendengarkan semua pernyataan anak, baik dan buruk mengenai cerita hantu tersebut. Beri anak pemahaman tentang apa yang baru saja dialaminya. Lakukan hal-hal yang bisa membuatnya tenang. Langkah lain yang bisa dilakukan adalah mengalihkan perhatian anak, dengan mengajak melakukan aktivitas. Bermain dan belajar bisa jadi pilihan yang bagus. Jangan lupa ajarkan doa-doa agar anak merasa terlindungi. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: