Antisipasi Erupsi Gunung Agung,  Rotary Club of Bali Legian Gelar Pelatihan Siaga Bencana

(Balikekbis.com), Mengantisipasi dampak erupsi Gunung Agung, jajaran Rotary Club of Bali Legian, Rabu (27/9) menggelar pelatihan  Siaga Bencana. Pelatihan yang melibatkan Tim  Basarnas berlangsung di aula kantor Asuransi  Allianz serta dilanjutkan dengan simulasi di lapangan Renon. Dalam kegiatan tersebut seluruh peserta yang berjumlah 52 orang diberi pembekalan serta keterampilan praktis cara-cara penanggungan bencana.

N. Nilawati (paling depan).

IPDG (Immediate Past District Governor) Rotary Club of Bali Taman N. Nilawati di sela-sela pelatihan tersebut mengatakan peserta diharapkan nantinya siap terjun dan membantu  bila ada gangguan atau bencana di lapangan. “Kegiatan pelatihan ini sebenarnya sudah kami rencanakan Mei lalu. Kebetulan moment sekarang sangat tepat sehingga dilakukan pelatihan ini,” ujar Nilawati.  Dikatakan peminat pelatihan kebencanaan ini sangat besar. Namun karena tempat, akhirnya dibatasi. Peserta latihan ini adalah relawan yang memang dekat dan suka dengan alam.

Sebagaimana disampaikan Past President Rotary Club of Bali Legian Komang Cahya peserta yang ikut pelatihan kali ini dari berbagai komunitas yang memang dalam kesehariannya suka dengan alam seperti komunitas Jangkrik Bali, Laksamana Adventure Tour (LOT), Bali Land Rover Owners (BLRO), Safari Jip Club (SJC), Garuda Adventure Team (GAT), Petualang Team Offroad (PTO),  Bali Offroad Community (BOC), Taf Disel Indonesia (TDI), Double Cabin Indonesia (DCab ID),  Lettel Jip Bali (LJB) dan Tracton 4×4. ”Mereka ini sangat kompak sehingga sangat tepat mengajak bergabung dalam kegiatan kemanusiaan, membantu sesama,” ujarnya Komang Cahya. Diharapkan dengan bekal pengetahuan dan keterampilan  yang didapat dari pelatihan ini nantinya ketika terjun bisa membantu dalam menanggani keadaan darurat di lapangan. Di Bali saat ini ada 18 anggota Rotary Club yang diharapkan nantinya juga mengadakan kegiatan serupa, termasuk masyarakat dan komunitas lainnya. “Dengan makin banyak yang mengikuti pelatihan dan terampil diharapkan nantinya bisa lebih siap ketika menghadapi bencana,” jelas Nilawati seraya menjelaskan Rotary Club merupakan organisasi kemanuiaan yang tersebar di 200 negara. Sejak hadir di Bali, Rotary telah melakukan berbagai kegiatan sosial kemanusiaan baik di bidang kesehatan, pendidikan , lingkungan serta bidang sosial lainnya. “Tahun 90-an Rotary telah melakukan sosialisasi dan pemeriksaan kanker serviks, operasi katarak hingga pendirian gedung PMI,” ujar Nilawati. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: