Antisipasi DB dan Covid-19, Banjar Eka Dharma Gencar Fogging dan Penyemprotan Disinfektan

(Baliekbis.com),Mengatasi pandemic Covid-19, Banjar Eka Dharma, Desa Sumerta Kauh, Kecamatan Denpasar Timur rutin melakukan penyemprotan disinfektan, Minggu (26/4/2020). Karena lewat penyemprotan ini dirasakan mampu memutus mata rantai Covid-19.

Penyemprotan disifektan akan kembali dilakukan, Senin 27 April 2020 langsung oleh desa. Penyemprotan disinfektan yang dilakukan di wilayah Banjar Eka Dharma ini sudah yang ketujuh kalinya yang dimulai pada bulan Maret 2020.

“Awalnya penyemprotan disinfektan dilakukan langsung oleh Banjar Eka Dharma sendiri, namun sekarang dari desa yang melakukannya,” ujar Kelian Banjar Eka Dharma, I Komang Nurjaya Mahartha, SS, Minggu (26/4).

Kemudian Komang Nurjaya juga mengatakan kalau penyemprotan disinfektan sebelumnya lebih banyak menggunakan anggaran swadaya dari masyarakat yang juga didukung dari kas banjar.

Karena penyemprotan disinfektan sebelumnya yang dilakukan oleh Banjar Eka Dharma, langsung melibatkan para prajuru, pecalang dan sekaa teruna-teruni (STT). Jadi sebelum Desa Sumerta Kauh akan melaksanakan penyemprotan disinfektan, Senin (27/4). Selanjutnya Banjar Eka Dharma, Minggu (26/4) melaksanakan penyemprotan fogging.

“Penyemprotan fogging yang dilakukan ini adalah untuk mengantisipasi agar tidak merebaknya nyamuk Demam Berdarah (DB) di wilayah lingkungan Banjar Eka Dharma,” terangnya.

Komang Nurjaya menambahkan selain Banjar Eka Dharma rutin melakukan penyemprotan disinfektan dan penyemprotan fogging. Banjar Eka Dharma melalui pecalang banjarnya juga rutin melakukan patroli untuk menjaga keamanan lingkungan yang ada di masing-masing wilayah.

“Patroli keamanan yang rutin dilakukan ini adalah untuk mengantisipasi agar tidak terjadi tindak kejahatan di wilayah Banjar Eka Dharma seperti pencurian, perampokan, begal dan tindakan kriminal lainnya,” tambahnya.

Kemudian patroli yang dilakukan rutin oleh pecalang Banjar Eka Dharma juga sekaligus untuk bisa memberikan pengertian kepada masyarakat supaya jangan suka berkumpul atau berkerumun. Paling tidak dengan himbauan yang disampaikan langsung oleh para pecalang akan dipastikan bisa langsung memutus mata rantai Covid-19.

Bahkan pecalang Banjar Eka Dharma juga rutin mengingatkan kepada masyarakat yang berada di wilayah Banjar Eka Dharma atau warga masyarakat yang melintas di wilayah Banjar Eka Dharma supaya selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah. “Karena dengan rutin menggunakan masker saat bepergian akan mampu terhindar dari bahaya Pandemic Covid-19,” pungkasnya.(sus)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.