Antetokounmpo, Doncic, Embiid, Gobert, Jokic, Sabonis, Siakam, dan Simmons Kukuhkan Jangkauan Global di Pertandingan Lanjutan NBA Musim 2019-2020

(Baliekbis.com), Pertandingan lanjutan NBA musim 2019-20 akan hadir bagi penggemar di 215 negara dan wilayah dalam 47 bahasa yang dapat diakses melalui televisi, komputer, ponsel, dan tablet mereka, menampilkan pertandingan yang berbeda dari sebelumnya dan pengalaman imersif yang terhubung dengan para fans. Musim ini mencakup 88 pertandingan seeding yang dimulai pada 30 Juli, serta liputan di balik layar dan wawancara dari ESPN Wide World of Sport Complex di Walt Disney World Resort di Florida.

Berikut informasi terkait highlight internasional dari pertandingan lanjutan NBA musim 2019-20:

  • Sebanyak 22 tim ikut serta dalam pertandingan lanjutan NBA, menampilkan 89 pemain internasional dari 34 negara dan wilayah, termasuk delapan pemain internasional yang tampil di NBA All-Stars 2020, jumlah pemain internasional terbanyak dalam laga tersebut: Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks; Yunani), Luka Dončić (Dallas Mavericks; Slovenia), Joel Embiid (Philadelphia 76ers; Kamerun; BWB Afrika 2011), Rudy Gobert (Utah Jazz; Prancis), Nikola Jokić (Denver Nuggets; Serbia), Domantas Sabonis (Indiana Pacers; Lithuania)*, Pascal Siakam (Toronto Raptors; Kamerun; BWB Africa 2012) dan Ben Simmons (76ers; Australia). Semua tim tersebut menampilkan setidaknya satu pemain internasional. Mavericks memiliki tujuh pemain internasional–terbanyak di NBA. Negara non-AS paling terwakili oleh ke-22 tim tersebut adalah Kanada (15 pemain) dan Prancis (tujuh pemain), diikuti oleh Australia, Jerman, dan Serbia (masing-masing lima pemain). Embiid dan Siakam termasuk di antara ke-22 alumni Basketball Without Borders (BWB) yang ada dalam daftar pemain untuk pertandingan lanjutan musim ini.
  • Beberapa pemain internasional memutuskan untuk mengenakan jersey tim NBA, yang menampilkan pesan-pesan tentang keadilan sosial, yang dibuat khusus oleh NIKE dalam bahasa selain bahasa Inggris, termasuk Bosnia, Kreol Prancis, Jerman, Ibrani, Italia, Latvia, Maori, Slovenia, dan Spanyol.
  • Ke-88 pertandingan seeding akan disiarkan di luar AS dan Kanada melalui NBA League Pass. Ke-88 pertandingan ini mencakup 41 pertandingan yang akan disiarkan pada jam tayang utama (primetime) di Amerika Latin serta 40 pertandingan yang akan disiarkan pada primetime di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika di kanal mitra siaran NBA di wilayah-wilayah tersebut dan di NBA League Pass. Ini adalah pertandingan yang paling banyak disiarkan pada primetime secara internasional dalam waktu dua minggu.
  • Walaupun para penggemar tidak dapat hadir secara fisik di ESPN Wide World of Sports Complex, lebih dari 300 penggemar NBA akan diundang untuk tampil secara langsung di setiap pertandingan di “Michelob ULTRA Courtside”, layar video berukuran lebih kurang 5,1 meter yang mengelilingi lapangan. Para penggemar ini akan berkesempatan untuk berinteraksi satu sama lain secara digital menggunakan “Together mode” dari Microsoft, yang akan menciptakan pengalaman virtual tanpa latar belakang individu para penggemar dan mengumpulkan mereka ke dalam suatu ruang virtual yang dapat dilihat melalui siaran televisi maupun secara langsung di lapangan pertandingan. Pengalaman baru dan pertama ini, disiarkan secara langsung sebagai hasil dari kerja sama strategis NBA dengan Microsoft–memberikan para penggemar sebuah pengalaman seperti sedang duduk berdampingan dalam suatu pertandingan langsung, tanpa meninggalkan kenyamanan dan keamanan rumah mereka yang sesungguhnya. Sementara itu, para pemain pun akan dapat merasakan energi dan dukungan penggemarnya secara virtual di tempat pertandingan berlangsung.
  • Selain itu, seluruh pemirsa dapat mempengaruhi efek visual di tempat pertandingan melalui pengalaman memberi dukungan secara virtual. Penggemar dapat mendukung tim mereka secara digital melalui aplikasi NBA dan NBA.com, serta di Twitter menggunakan hashtag tim sepanjang pertandingan. Dukungan virtual akan ditampilkan di layar video di tempat pertandingan dengan gambar dan animasi yang menampilkan engagement dengan penggemar di seluruh dunia. Para penggemar akan berkesempatan untuk melihat video mereka ditampilkan melalui tantangan-tantangan TikTok. Teknologi ground segmentation dari Snapchat juga memberikan penggemar kesempatan untuk menjajaki pembuatan file video atau gambar (rendering) virtual lapangan di Orlando melalui Lens di mana pun mereka berada.
  • Di luar AS, liputan pertandingan seeding oleh NBA League Pass akan meliputi siaran berselang-seling, termasuk siaran dengan sudut kamera baru, grafik yang ditingkatkan, tayangan streaming dalam berbagai bahasa, dan komentar influencer dengan fokus pada musik dan budaya pop. Seluruh 88 pertandingan seeding akan tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Portugis. Penggemar juga akan mendapatkan akses ke jajak pendapat selama pertandingan dan kuis di sepanjang pertandingan.
  • Kampanye “Whole New Game” NBA akan menampilkan rangkaian tiga cuplikan, dimulai dengan “It’s a Whole New Game,” yang akan tayang sepanjang pertandingan lanjutan musim 2019-20 dalam siaran langsung, kanal media sosial, dan platform digital liga secara global. Ketiga cuplikan ini akan diterjemahkan ke dalam 10 bahasa, termasuk bahasa Tiongkok, Prancis, Jerman, Indonesia, Italia, Jepang (subtitle saja), Polandia, Portugis, Spanyol, dan Thailand. Sebagai bagian dari kampanye “Whole New Game”, 22 pesohor internasional dari dunia film, fashion, dan olahraga akan duduk bersama membahas tim yang ikut serta dalam pertandingan lanjutan musim ini, “3 Reasons to Watch” tim pilihan mereka. Konten “3 Reasons to Watch” akan ditayangkan oleh mitra siaran internasional NBA dan akan dibagikan di kanal media sosial NBA secara global. 
  • Rakuten, mitra pemasaran global dan distribusi eksklusif NBA di Jepang, akan mengadakan acara-acara menonton online di NBA Rakuten, layanan lengkap bagi penggemar yang ingin menonton pertandingan dan program NBA.
  • Media domestik dan internasional yang tidak dapat hadir di tempat pertandingan mendapatkan akses ke media virtual dengan para pemain dan pelatih serta rekaman latihan tim setiap hari.
  • Sebagai bagian dari NBA Together, komunitas global dan kampanye keterlibatan sosial NBA, yang bertujuan untuk mendukung, melibatkan, mendidik, dan menginspirasi generasi muda, keluarga, dan penggemar dalam menanggapi pandemi virus corona, pemain, legenda, dan pelatih NBA telah merekam lebih dari 45 pesan layanan masyarakat (PLM) dalam sembilan bahasa untuk berbagi informasi kesehatan dan keamanan vital untuk mengurangi risiko penularan, kebiasaan mencuci tangan dan kebersihan diri yang baik, pembatasan fisik, pemakaian masker, dan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental. Hingga kini, pesan-pesan tersebut telah menghasilkan lebih dari 65 juta views di platform global dan digital NBA.
  • Kejuaraan Dunia Jr. NBA (Jr. NBA Global Championship)–turnamen basket tahunan bagi anak laki-laki dan perempuan berusia 13-14 tahun dari seluruh dunia– dilangsungkan tahun ini secara virtual, melibatkan lebih dari 3.000 pemain muda dari Afrika, Asia-Pasifik, Kanada, Tiongkok, Eropa & Timur Tengah, India, Meksiko, Amerika Latin, dan AS. Puncak acara yang dimulai pada pekan lalu ini, akan bertepatan dengan Jr. NBA Day of Celebration sebagai bagian dari pertandingan lanjutan NBA musim 2019-20 di ESPN Wide World of Sports, tuan rumah dua Jr. NBA Global Championship sebelumnya.

Berikut adalah kisah perjalanan pemain internasional NBA musim 2019-20:

  • Antetokounmpo, yang masih memegang gelar MVP Kia NBA, berada di peringkat ketiga liga dalam hal mencetak angka (29,6 ppg) dan rebounding (13,74 rpg).
  • Gobert (13,71 rpg), penyandang gelar Defensive Player of the Year Kia NBA dua tahun berturut-turut, dan Sabonis (12,4 rpg) masing-masing berada di peringkat keempat dan kelima dalam hal rebounding. Gobert (69,8%) berada di urutan kedua dalam hal persentase field goal
  • Dončić (14), pemegang gelar Rookie of the Year Kia NBA, dan Jokić (12) masing-masing berada di urutan pertama dan ketiga dalam hal triple-double.
  • Simmons (2,13 spg) memimpin NBA dalam hal merebut bola (steal). Pada musim ini, Simmons menjadi pemain tercepat ketiga dalam sejarah yang meraih 25 triple-double setelah Oscar Robertson dan Magic Johnson.
  • Ricky Rubio (Phoenix Suns; Spanyol, 8,9 apg), Dončić (8,7 apg) dan Simmons (8,2 apg) masing-masing berada di peringkat ketiga, keempat, dan kelima dalam hal assist. 
  • Buddy Hield (Sacramento Kings; Bahama) berada di peringkat kedua dalam hal lemparan tiga angka (three-pointers) dengan nilai 244.
  • Dennis Schröder (Oklahoma City Thunder; Jerman, orang tua berasal dari Gambia) memiliki angka rata-rata tertinggi NBA (19,0 ppg) dalam pertandingan di mana ia bermain sebagai pemain cadangan. 
  • Rui Hachimura (Washington Wizards; Jepang; orang tua berasal dari Benin; BWB Global 2016) memimpin pada rookie dalam hal rebounding (6,0 rpg) dan berada di peringkat kelima di antara rookie dalam mencetak angka (13,4 ppg).

Seluruh 22 tim yang ikut serta dalam lanjutan pertandingan musim ini masing-masing akan bermain dalam delapan pertandingan seeding pada 30 Juli-14 Agustus di ESPN Wide World of Sports Complex di Walt Disney World Resort di Florida. Pertandingan seeding ini akan berakhir pada 14 Agustus. Jika pertandingan antara tim dengan kualifikasi terendah (play-in) diperlukan untuk menentukan tim dengan peringkat kedelapan di kedua wilayah, play-in tersebut akan dilangsungkan pada 15-16 Agustus. Putaran pertama dari NBA Playoffs 2020 akan dimulai pada 17 Agustus. (ist)

*Menurut Pacers, Sabonis telah meninggalkan lokasi NBA di Orlando untuk menjalani perawatan medis karena peradangan jaringan ikat (plantar fasciitis) di kaki kirinya. Belum dapat dipastikan apakah Sabonis akan kembali ke Orlando. Pembaruan lebih lanjut akan diberitahukan sesuai kebutuhan. 

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: