Agus Wirajaya: Penting Pengolahan Sampah Secara Profesional

(Baliekbis.com),Segala bentuk program berbasis aplikasi teknologi informasi itu penting untuk mempermudah dan mempercepat. Seperti halnya aplikasi dan program pengelolaan sampah akan bermanfaat maksimal bila masyarakat memiliki kesadaran dan kebiasaan pengelolaan dan penanganan sampah yang baik.

“Juga diperlukan upaya kongkrit dalam bentuk gerakan massal yang dilakukan secara berkesinambungan dan konsisten dalam penanggulangan sampah di masyarakat,” ujar Anggota DPRD Kota Denpasar Agus Wirajaya, Rabu (6/11/2019) di Denpasar.

Politisi PSI ini menambahkan yang paling dibutuhkan oleh Pemkot untuk dianggarkan terkait sampah adalah sarana prasarana penunjang dalam pengelolaan sampah rumah tangga, edukasi hingga kelompok masyarakat terkecil.

Juga yang tak kalah penting perlu dibuatkan peraturan sehingga program pemilahan dan pengelolaan sampah dapat menjadi kebiasaan positif masyarakat secara optimal dan nyata hasilnya.

Menurut Agus Wirajaya, untuk itu Pemkot perlu mulai memikirkan pola edukasi dan program penanganan sampah di rumah tangga, dari pemilahan dan pengolahan sampah organik di masing-masing rumah tangga, dan dapat dilakukan secara massal. “Termasuk juga hasil pengolahan sampah rumah tangga tersebut dapat memberikan insentif/tambahan penghasilan bagi rumah tangga itu sendiri,” jelas Agus.

Diingatkan, membuka atau menambah tempat pembuangan sampah alternatif hanyalah jalan keluar jangka pendek. Tetapi bagaimana mengurangi sampah rumah tangga yang perlu dilakukan sehingga volume sampah ke TPA jadi berkurang. Pemkot perlu hadir untuk mengubah perilaku dan kebiasaan masyarakat dalam menangani sampah.

Agus mengatakan masalah sampah ke depannya akan semakin berat bila tidak ada penanganan secara profesional. Sebab selama ini sebagian besar sampah setelah dikumpul, lalu disimpan ke TPA (Suwung). Hanya sebagian kecil yang baru diolah di masyarakat. (wir)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: