Agung Dwi Putra: Nasib Warga Yang Pulang Harus Diperhatikan

(Baliekbis.com), Status awas terhadap Gunung  Agung telah membuat berbagai kalangan cemas termasuk ratusan ribu warga di seputaran kawasan rawan bencana yang kini terpaksa harus mengungsi jauh dari tempat tinggal mereka. “Selain nasib pengungsi, ternak harus diselamatkan sebab menjadi andalan ekonomi warga,” ujar Ketua Komisi III DPRD Karangasem I Gusti Agung Dwi Putra di sela-sela kunjungan Tim  Amatra yang menyerahkan bantuan seribu paket sembako dan air bersih ke pengungsi Gunung Agung belum lama ini.

 

 

I Gusti Agung Dwi Putra.

Dikatakan  saat ini sudah ada beberapa warga yang kembali ke rumah mereka. Warga yang pulang ke kampung halamannya seperti warga Desa Duda dan Selat yang dulu kena lahar dan sekarang tidak masuk zona merah menurut Gung Dwi agar pemerintah memperhatikan nasib mereka sebab mereka perlu biaya hidup termasuk kelangsungan pendidikan anak-anak mereka.  Dijelaskan kondisi Gunung Agung masih relatif normal. Namun demikian penting warga diberi informasi yang akurat terkait perkembangannya sehingga tak membuat mereka cemas. Memang warga di pengungsian kondisinya relatif aman dan cukup pangan, namun keberlangsungan nasib mereka juga harus diperhatikan. “Sebab selama di pengungsian warga tak bisa berbuat banyak, sementara mereka masih memiliki tanggungan termasuk ternak yang menjadi penopang nafkah keluarga,” jelas politisi  Golkar ini.

Ia berharap keadaan Gunung Agung bisa segera normal kembali agar warga bisa pulang dan melakukan aktivitasnya seperti sedia kala. Bagi Agung Dwi Putra, informasi yang jelas, akurat dan berkala sangat penting bagi semua pihak sehingga bisa menyikapi konsidi yang ada dengan baik. Bagi warga di pengungsian sendiri, ujarnya dengan adanya informasi tersebut akan membuat mereka memahami apa yang terjadi saat ini sehingga bisa menyikapinya dengan baik. “Kan sekarang ini sebagian dari mereka belum mendapat informasi secara tepat. Bahkan ada warga yang nekat pulang untuk melihat kondisi rumah dan ternaknya,” ujarnya saat mendampingi Anggota Komisi IV DPR-RI AAB Adhi Mahendra Putra yang terjun langsung menemui sejumlah pengungsi di Klungkung, Karangasem dan Buleleng seraya menyerahkan seribu bantuan sembako. Penggagas Amatra Rumah Aspirasiku itu bahkan secara tegas mengatakan akan berjuang ke pusat untuk menyelamatkan  ternak-ternak pengungsi baik sapi, babi, kambing dan ayam yang jumlahnya ratusan ribu ekor itu. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: