Agrofest ALC, Upaya Mendorong Bali Menuju Mandiri Pangan

(Baliekbis.com), Agrofest ALC akan digelar mulai 26 Januari hingga 6 Pebruari 2021 di ALC (Agro Learning Center) Cekomaria Denpasar. Dalam festival ini selain digelar talkshow yang melibatkan para pihak yang peduli pertanian dan lingkungan, Workshop Agripreneurship, juga ditampilkan pengembangan bibit aneka tanaman/pohon, Budidaya Ikan Terintegrasi dan Food Culinary Bazaar bersama Executive Chef. Kegiatan ini didukung Komunitas Inovatif Teknologi Afro (KITA) Indonesia, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Bali, universitas, Yayasan Peduli Lingkungan Bali Tresna Sujati, Bali Care Education, Media Partner dan kalangan perbankan.

“Kita berharap melalui upaya ini bisa membangkitkan dan mendorong Bali menuju mandiri pangan sesuai tema agrofest,” ujar Direktur ALC Nyoman Baskara kepada media di sela-sela rapat persiapan, Selasa (19/1).

Dikatakan Baskara, pada kegiatan tersebut ALC akan menggelar diskusi dengan tokoh masyarakat cinta pertanian dalam menggarap isu Bali menuju kemandirian pangan. “Kita undang dinas terkait, para praktisi, akademisi, perbankan serta pejabat BI yang selama ini getol mendorong pergerakan sektor pertanian,” tambah Baskara.

Dijelaskan, pertanian merupakan salah satu sektor unggulan Bali selain pariwisata yang dapat menjadi alternatif penopang ekonomi dan lingkungan. Selama ini Bali mengandalkan sektor pariwisata sebagai mata pencaharian utama warganya.

Dengan adanya pandemi Covid-19 dimana pariwisata paling terkena dampak, maka sektor pertanian diharapkan bisa menjadi penyelamat ekonomi masyarakat. “Saya kira sekarang saatnya membuktikan kalau sektor pertanian sejatinya bisa diandalkan,” tambah Baskara.

Meski diakui tantangan membangun pertanian cukup banyak di tengah terjadinya alih fungsi lahan dan makin berkurangnya tenaga muda terjun ke sektor ini. Namun Baskara yakin dengan melihat potensi yang besar serta didukung kerja keras, kerja cerdas dan kerja sama, maka pertanian Bali bisa tumbuh dan maju. Apalagi pasar pertanian Bali sangat besar.

ALC yang dirintis belum lama ini berada di atas lahan sekitar setengah hektar di kawasan Cekomaria Denpasar. ALC selain mengembangkan aneka tanaman dan budidaya ikan, juga sebagai tempat diskusi dan edukasi. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: