Agresivitas Pelaporan Keuangan Pengaruhi Perusahaan Ikuti Program Amnesti Pajak

(Baliekbis.com), Dosen Universitas Telkom, Cahyaningsih berhasil meraih gelar doktor dalam Ilmu Akuntasi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM. Gelar tersebut diraih Cahya usai mempertahankan disertasi berjudul Amnesti Pajak dan Agresivitas Pelaporan Pajak, Keuangan, dan Sosial, dalam ujian terbuka program doktor di FEB UGM, Jum’at (20/12). Saat itu dia memaparkan temuan penelitian terhadap perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2014-2016.

“Hasilnya diketahui bahwa semakin tinggi agresivitas pelaporan keuangan dan sosial, maka semakin tinggi pula agresivitas pelaporan pajak perusahaan,” jelasnya. Temuan lain juga menunjukkan bahwa agresivitas pelaporan keuangan dan sosial yang rendah memengaruhi keputusan perusahaan dalam mengikuti program anesti pajak. Studi yang dilakukan juga menemukan hasil yang berbeda untuk hubungan antara agresivitas pelaporan pajak dan amnesti pajak, tergantung pada kondisi faktor kontekstual perusahaan.

Melihat hasil temuan itu Cahya berharap pemilik saham dapat meningkatkan pengawasan atas perilaku oportunis manajemen. Manajer diharapkan dapat menghindari perilaku agresif dalam pelaporan pajak dan keuangan namun meningkatkan pelaporan sosial. (ika)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: