5000 Benih Lele Disebar, Sungai Terbin Jadi “River Park”

(Baliekbis.com), Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia, Karang Taruna Bhakti Sumerta Kelod bersinergi dengan Pemkot Denpasar melakukan penyelamatan lingkungan dan sungai di Bantaran Sungai Terbin kawasan Banjar Kepisah, Desa Sumerta Kelod yang akan dijadikan sebagai river park (sungai bertaman). Wakil Walikota Denpasar IGN. Jaya Negara hadir dan melepas bibit ikan lele dan panen ikan lele, pada Jumat (14/6) pagi.

Karang Taruna Bhakti Sumerta Kelod bersama Komunitas Kali Bersih Warga Empelan Terbin Dangin Tukad Kepisah melakukan panen perdana ikan lele dari sumbangan warga dan dipanen setelah berumur 3 bulan. Selanjutnya dilakukan penebaran benih Ikan Lele lagi sebanyak 5000 ekor, penanaman Pohon Flamboyan sebanyak 20 batang pohon dan pembersihan sungai yang dibantu oleh Pasukan Katak Desa Sumerta Kelod.

Saat ditemui disela-sela kegiatan Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara yang didampingi Camat Denpasar Timur, Wayan Herman dan Kabag Humas dan Protokol Pemkot Denpasar Dewa Gede Rai, mengatakan kegiatan ini sangat baik dilakukan untuk menjaga lingkungan, selain itu juga bisa memotivasi karang taruna di wilayah lain khususnya di Kota Denpasar untuk menjaga lingkungan dan sungai agar tetap bersih dan hijau. “Ujarnya.

Sementara Ketua Komunitas Kali Bersih Warga Empelan Terbin Dangin Tukad Kepisah Wayan Wijaya mengatakan, rberawal dari keinginan kami untuk memanfaatkan lahan tidur yang dipenuhi tanaman liar dan terbengkalai, kemudian lahan tersebut kami manfaatkan untuk ditanami tanaman yang bermanfaat seperti Bunga Gemitir, Pacar, Kamboja, Pisang, Cabai, Terong dan lainnya. Selain menanam pohon kami juga memanfaatkan selokan bersih khusus untuk budi daya pembibitan Ikan Lele yang dikelola oleh Karang Taruna yang dibantu warga sekitar,“ujarnya.

Ketua Karang Taruna Bhakti Desa Sumerta Kelod,  Yande Adiana mengatakan, tujuan acara pada pagi ini yaitu bentuk kepedulian karang taruna pada lingkungan bekerja sama dengan Komunitas Kali Bersih Warga Empelan Terbin Dangin Tukad Kepisah yang menyulap kawasan yang kotor dan kumuh menjadi tempat yang bersih dan layak untuk dikunjungi, “ujarnya. “Kami berharap masyarakat bisa menjaga kebersihan Sungai Empelan Terbin ini agar dapat menjadi tempat rekreasi dan obyek wisata unggulan di Desa Sumerta Kelod kedepannya”, kata Adiana. (aay)