Di Tangan Kepengurusan Baru, KSU Banjar Sembuwuk Bangkit Asetnya Mencapai Rp1,8 Miliar

(Baliekbis.com),Koperasi Serba Usaha (KSU) Banjar Sembuwuk mulai bangkit dengan menunjukkan perbaikan. Aset KSU Banjar Sembuwuk kini mencapai Rp1,8 miliar.

Ketua KSU Banjar Sembuwuk I Ketut Partadinata menuturkan, ada panggilan dari hati nurani saat melihat kondisi koperasi yang terpuruk. Lewat paruman banjar, ia kemudian terpilih menjadi ketua koperasi. Tentu tidak mudah, sebab koperasi ini tidak sehat dalam tiga kepengurusan sebelumnya.

“Kami generasi pengurus yang keempat. Kami mau bekerja di koperasi karena merasa terpanggil untuk memperbaiki kondisi koperasi yang tidak sehat,” ujarnya kepada wartawan Sabtu (28/9/2019).

Kemudian tahun 2018, ia bersama tiga pegawai koperasi lainnya berikhtiar menata KSU Banjar Sembuwuk. Pelan-pelan upayanya membuahkan hasil. Masyarakat pun mulai menaruh kepercayaan.

“Kami bergerak dengan niat tulus dalam mengembangkan koperasi. Sekarang kepercayaan masyarakat khususnya krama Banjar Sembuwuk mulai percaya dengan keperasi,” ujarnya.

Partadinata berharap, seluruh masyarakat di Banjar Sembuwuk yang berjumlah 125 kepala keluarga tidak ragu dan takut lagi manabung di koperasi. Saat ini, jumlah anggota KSU Banjar Sembuwuk mencapai 144 orang.

Langkah strategis yang ia lakukan adalah pengelolaan koperasi dengan sistem transparan. Jika ada kredit yang dikatagorikan macet, pihaknya selalu menyampaikan ke anggota pada saat pelaksanaan Rapat Akhir Tahun (RAT).

“Besar harapan kami kepada tokoh-tokoh masyarakat Sembuwuk bisa membantu dan turut menyosialisasikan program ini. Sejak hadirnya lembaga keuangan di banjar, kami sudah memberikan kelender pada krama,” katanya.

Seiring meningkatnya kepercyaan para anggota, pihaknya beritikad membantu krama banjar yang masuk kategori miskin ataupun anak-anak yang sampai harus mengalami putus sekolah. “Di samping itu kami juga akan berusaha ikut berpartisipasi setiap ada piodalan di banjar. Kami berusaha membantu dalam bentuk punia,” pungkasnya. (yes)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: