24 Tim dari Lima Negara Ramaikan Bali Hockey Festival 2017

(Baliekbis.com), Yayasan Hockey Indonesia (YHI) kembali menggelar perhelatan hockey internasional Bali Hockey Festival (BHF) 2017 di Lapangan Banteng, Seminyak, Sabtu, 30 September-1 Oktober 2017. Gelaran tahunan ini merupakan yang ke-empat kalinya. “Tahun ini ada 24 tim yang berpartisipasi,” kata Ketua YHI Iwan Barata di Seminyak,  Jumat (29/10).

Perhelatan yang mengusung konsep ‘Hockey Holiday in Bali’ ini menarik perhatian tim-tim dari dalam dan luar negeri. Untuk peserta luar negeri, Iwan mengatakan, panitia sudah mendapatkan konfirmasi dari tim-tim asal Malaysia, Singapore, Hongkong, dan Brunei Darussalam. Pada BHF 2017 ini ada 18 tim putra dan 6 tim putri yang bakal bertanding, dimana panitia menggunakan sistem setengah kompetisi dan membuka peluang bagi setiap tim untuk bersaing dalam tiga divisi. Masing-masing, Cup Division, Plate Division, dan Bowl Division. “Juara pada Cup Division, putra dan putri akan dicatatkan dalam Rudolf Moal Shield. Ini penghargaan kepada salah satu pendiri yayasan yang selama hidupnya sangat mendukung kegiatan kami,” terang Iwan. Sementara itu Murali Paramasivam, salah seorang pemain asal Malaysia mengungkapkan salah satu daya tarik BHF adalah atmosfer persahabatan di antara tim yang berkompetisi. Menurut Murali, kompetisi ini membuka tali silaturahmi dan persahabatan dengan banyak tim dari Indonesia maupun luar negeri baik itu di dalam maupun luar lapangan. “Saat kamu turun ke lapangan buat pertandingan, biasa itu 100 persen untuk memenangkan pertandingan. Tapi kalau kalah di sini, tim lain memberikan sokongan. Tahun lalu kami bawa tim putri yang kalah 11 – 0 dari tim Hongkong. Tapi dukungan yang supportif dari kawan-kawan lain membuat permainan tim kami meningkat. Hal ini sulit kami dapatkan dalam kompetisi lain,” ujar Murali.

Kegiatan serupa BHF diselenggarakan juga di negara-negara tetangga seperti Singapore Cricket Club, Hong Kong Faster, Vietnam Festival dan Malaysia dan hampir setiap negara menggabungkan kegiatan olahraga hockey dengan konsep pariwisata. Dengan dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komisi X DPR RI, serta Federasi Hockey Indonesia,  Iwan berharap penyelenggaraan BHF dapat menjadi agenda rutin guna mengembangkan olahraga hockey di Indonesia serta membantu pemerintah dalam bidang pariwisata. Yayasan Hockey Indonesia adalah wadah para pecinta hockey yang turut serta membangun dan mengembangkan olahraga hockey di Indonesia. Sejak pendiriannya pada tahun 2015, Yayasan Hockey Indonesia sudah menggelar kompetisi tahunan Bali Hockey Festival, mendukung penyelenggaraan Ampera Cup di Palembang, dan turut memberikan bantuan serta penyuluhan olahraga hockey di sekolah-sekolah. (ist)

 

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: