2022, Stakeholder di Bali Makin Solid Tanggulangi AIDS

(Baliekbis.com), Meskipun anggaran sangat terbatas, Pemerintah Provinsi Bali ternyata semakin serius tanggulangi AIDS. Ini terbukti keterlibatan SKPD serta stakeholder lainnya semakin besar.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak,” kata Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Bali AA Ngr. Patria Nugraha, S.Sos, MAP saat ditemui dalam acara pembagian Pamlet dan brosur di perempatan BPD Renon Denpasar, Kamis 1 Desember 2022.

Lebih lanjut, Gung Patria panggilan akrabnya menceritakan segala upaya yang dilakukan Komisi Penanggulangan AIDS untuk menyatukan gerakan penanggulangan AIDS di era Pandemi Covid 19.

“Langkah pertama yang kita lakukan adalah berkoordinasi dengan Wakil Ketua KPA yang dalam hal ini adalah Kepala Dinas Kesehatan untuk menyatukan visi dan misi penanggulangan AIDS agar sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Bali. Selanjutnya audiensi dengan Ketua Harian KPA yang dalam hal ini adalah Wakil Gubernur Bali. Juga mendekati Ketua DPRD Bali agar mendapat support serius,”katanya.

Setelah itu, ungkap Gung Patria, KPA juga mengadakan pendekatan dengan Kepala Dinas Statistik Komunikasi dan Informatika Provinsi Bali untuk mendapatkan dukungan wifi serta Domain Website KPA. “Kami sangat berterima kasih kepada Diskominfo karena diberikan fasilitas makaimal di era Covid 19,” katanya.

Selanjutnya muncul ide agar soliditas itu ditunjukkan dengan pembuatan spanduk HAS pada lembaga terkait. “Kita juga sangat berterima kasih kepada Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Bali yang berkenan mengeluarkan imbauan agar SKPD terkait ikut berpartisipasi  membuat spanduk serta peduli dalam penanggulangan AIDS,” tambahnya.

Disamping itu ungkap Gung Patria, KPA juga mohon kepada Ketua Harian Wakil Gubernur Bali menyampaikan ucapan peringatan HAS 2022. “Dan beliau berkenan menyampaikan ucapan HAS 2022 yang juga mengajak semua pimpinan Lembaga dan Stakholder Bersinergi Untuk Akhiri AIDS dengan memperluas Cakupan Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru,” katanya.

Ketua DPRD Bali imbuh Gung Patria juga menyampaikan ucapan HAS 2022 serta mengajak semua stakeholder dan komponen masyarakat untuk berjuang bersama dalam mengakhiri epidemi HIV-AIDS. Dimana beliau menekankan untuk Stop Stigma dan Diskriminasi Bagi orang dengan HIV – AIDS.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali juga menpertegas melalui Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru dalam bidang kesehatan. Dimana Dinas Kesehatan terus mengutamakan pelayanan terbaiknya serta mengajak Krama Bali sukseskan FAST track 95-95-95 untuk akhiri AIDS tahun 2030. (ist)