2017-2019, SMAN 1 Denpasar Kehilangan 26 Guru PNS

(Baliekbis.com), HUT ke-57 SMAN 1 Denpasar jatuh tanggal 8 Agustus 2017. Di tahun yang sama hingga akhir tahun 2019, sekolah dengan segudang prestasi ini juga kehilangan 26 guru PNS yang memasuki pension. Rangkai kegiatan HUT telah dimulai sejak akhir Juni 2017 yang diisi dengan lomba-lomba eksternal dan internal baik di bidang akademik, non akademik  yang diikuti siswa SMP serta kegiatan sosial yang diisi oleh siswa baru pada saat MPLS. Demikian dikatakan Kepala SMAN 1 Denpasar, I Nyoman Purnajaya, Selasa (8/8) saat momen puncak HUT ke-57 SMAN 1 Denpasar.

Adapun lomba-lomba eksternal dan internal yang dilaksanakan yakni makendang tunggal, lomba tari, lomba MPR, lomba pramuka, lomba kebangsaan baris-berbaris, lomba olimpiade fisika, lomba olimpiade biologi, lomba olimpiade komputer, lomba matematika dan lomba debat bahasa Inggris. “Sementara untuk kegiatan sosial meliputi kunjungan ke panti asuhan dan panti jompo yang dikaitkan dengan MPLS serta kegiatan donor darah,”ucapnya. Kesempatan yang baik ini, menurut Nyoman Purnajaya menjadi kebanggaan buat siswa yang sudah bisa berprestasi dalam berbagai kegiatan lomba yang sudah dilaksanakan.  “Momen HUT ke-57 SMAN 1 Denpasar ini juga bisa menjadi momen spesial buat siswa, sebab SMAN 1 Denpasar masih menempati peringkat terbaik di bidang akademik maupun non akademik,” terangnya. Dijelaskan, prestasi dibidang non akdemik mencakup juara umum PORJAR dan PSR tahun 2017, berhasil meraih dua medali emas pada cabang olahraga (cabor) renang di Asean Studen Game tahun 2017 di Singapura dan marching band SMAN 1 Denpasar berhasil meraih juara umum tingkat nasional event langgam Indonesia tahun 2017.

Kemudian untuk di akademik, berhasil meraih pringkat terbaik satu di Bali pada hasil UN tahun 2017 dengan katagori rata-rata dari program MIA, program IIS dan NEM tertinggi serta meraih medali emas di OSN tahun 2017 di Riau,”jelasnya. Di samping prestasi bidang akademik dan non akademik, SMAN 1 Denpasar juga sebagai pemenang sekolah berintegritas dan sekolah beradiwiyata mandiri. Selain itu, SMAN 1 Denpasar juga dipercaya sebagai penyelenggara Word Schools Debating Championship (WSDC) dengan melibatkan 52 Negara.”Bahkan ada salah satu siswa SMAN 1 Denpasar memperkuat tim Indonesia dalam event internasional ini,”imbuhnya. Ditambahkan, untuk tahun 2017 hingga akhir 2019 dipastikan SMAN 1 Denpasar akan kehilangan 26 guru PNS yang dikarenakan sudah memasuki masa purnabakti, dan mesti segera dicarikan guru PNS yang baru. (sus)