19 Mahasiswa Windesheim University Belanda Ikuti “Internasionalisasi at Home” Undiksha

(Baliekbis.com),Internasionalisasi at Home telah dicanangkan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) tahun 2019. Kebijakan tersebut pun sudah berjalan yang ditunjukkan dengan adanya mahasiswa dari luar negeri yang menempuh pendidikan. Salah satunya dari Windesheim University, Belanda.

Penerimaan mahasiswa berlangsung di Ruang Seminar LPPPM, Jumat (1/3/2019). Ketua Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Undiksha, Dr. Ni Made Ratminingsih, M.A.,menjelaskan pada tahun ini, Undiksha telah mencanangkan internasionalisasi at home. Langkah yang dilakukan untuk mendukung itu berupa penerimaan program PKL dan PPL mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di negara ASEAN. Demikian juga sebaliknya.

Kehadiran 19 mahasiswa dari Belanda ini dianggap sangat positif karena juga menjadi bagian dari pencanangan itu. “Kami sangat mengepresiasi kehadiran mahasiswa ini untuk menempuh pendidikan di Undiksha,” ungkapnya. Perolehan akreditasi A oleh Undiksha dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) juga turut disampaikan pada kesempatan tersebut. Diharapkan, mahasiswa luar negeri tak ragu lagi dalam menempuh pendidikan. “Kami berharap program ini berjalan baik. Akreditasi Undiksha sudah A,” sebutnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Undiksha, Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes. menyampaikan mahasiswa tersebut akan mengambil pendidikan Bahasa Indonesia di universitas yang telah memiliki Fakultas Kedokteran ini. Dalam hal ini pula, mereka dapat mempelajari langsung kebudayaan Bali, khususnya kabupaten Buleleng.

“Dalam pembelajaran, kami juga ingin setiap kelas diisi mahasiswa lokal. Supaya bisa saling mengisi. Kami juga sarankan untuk bisa bergabung ke Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), sesuai dengan minat dan bakatnya. Misalnya olahraga,” jelasnya seraya mengharapkan program ini bisa berkelanjutan.

Koordinator Program dari Windesheim University, Jannie Lensen mengatakan mahasiswanya menempuh pendidikan selama enam bulan. Melalui itu diharapkan mendapatkan pengalama baru. Tak hanya bidang akademik, namun juga non akademik. “Kami sangat senang bisa datang ke Undiksha,” ucapnya didampingi Koordinator, Thyse. (psa)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: