Warga Banjar Saba Penatih Melaspas, Dipuput Tiga Sulinggih

(Baliekbis.com), Prosesi upacara pemelaspasan yang juga dirangakian dengan upacara tawur dan mupuk pedagingan Banjar Saba Penatih, Kelurahan Penatih, Kecamatan Denpasar Timur sejak pagi sudah tampak berlangsung, Jumat (23/2). Plt. Walikota Denpasar I GN Jaya Negara yang juga sebagai warga banjar setempat, tampak turut serta dalam rangakain prosesi mecaru yang dipuput tiga sulinggih.

Beberapa tamu undangan juga tampak menghadiri upacara pemelapasan banjar setempat yakni Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Kabag Kesra Setda Kota Denpasar Raka Purwantara, dan dari anggota DPRD Provinsi Bali. Rentetan upacara juga dipersembahkan Tarian Wali meliputi Topeng Wali, Tari Rejang Dewa, Tari Rejang Renteng dari ibu-ibu PKK Banjar setempat serta Tari Baris Gede.

Jaya Negara dalam kesempatan tersebut mengharapkan pelaksanaan upacara pemelaspasan, tawur dan mupuk pedagaingan Banjar Saba dari telah rampungnya renovasi banjar dan pelinggih Ratu Penyarikan dapat meningkatkan srada bakthi warga. Seperti pada pelaksanaan renovasi dan upacara ini warga secara gotong royong melaksanakan. Sehingga diharapkan ini dapat terus berlangsung yang nantinya dapat berimbas pada peningkatan srada dan bakthi tersebut.

Sementara manggala karya, Ketut Adnyana mengatakan pelaksanaan upacara pemelaspasan, tawur dan mupuk pedagingan telah juga diawali sejak Rabu (14/2) lalu dari nunas tirta di Pura Sad Khayangan. DIlanjutkan Upacara Pakeling, Nuwasen Karya, Negtegang Beras, Memban Pengalang Sasih, Ngadegang Sunari, Makiis, Mepapada dan pada puncak karya akan dilaksnakan pada Sabtu (24/2) yang bertepatan dengan Hari Suci Tumpek Wayang. Upacara Melaspas, Tawur dan Mupuk Pedagingan dipuput tiga sulinggih yang juga dirangkaikan dengan beberapa Tarian Wali. (Pur)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: