10 Program Pokok PKK Jangan Hanya Jadi Slogan

10 Program Pokok PKK Jangan Hanya Jadi Slogan

(Baliekbis.com), Kehadiran Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster dalam kegiatan Penilaian Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan dan lomba-lomba dalam rangka HKG dan Jambore PKK Tahun 2018 di Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Rabu (5/12), memberikan vibrasi positif kepada para peserta lomba untuk semakin mantap dalam menonjolkan 10 Program Pokok PKK pada penilaian tersebut.

Dalam sambutannya Putri Koster mengatakan bahwa 10 Program  ini akan lebih bermakna apabila diikuti dengan kesadaran bahwa 10 Program Pokok PKK bukan hanya sebuah slogan, tetapi hendaknya benar-benar dilaksanakan mulai dari PKK tingkat Provinsi sampai PKK tingkat Desa. Menurutnya, program tersebut memiliki arti penting dan sangat strategis guna mewujudkan tujuan gerakan PKK yakni memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, serta hidup dalam suasana harmonis yang dilandasi oleh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.

“Untuk mewujudkan semua itu diperlukan adanya upaya dan kerjasama yang baik dari seluruh pengurus PKK dan seluruh masyarakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK yang pada dasarnya merupakan pelaksanaan berbagai kegiatan yang mendukung program-program pembangunan pemerintah daerah,”imbuh nya.

Selanjutnya dalam acara yang juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, Putri Koster juga menyatakan bahwa Gerakan PKK dilaksanakan untuk membantu program pemerintah dengan sasaran keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat. Untuk itu tiap tahun dilaksanakan berbagai program kerja serta lomba yang dikondisikan dengan keadaan dan lingkungan setempat. “Ini juga sangat sesuai dengan program pemerintah saat ini Nangun Sat Kertih Loka Bali, menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam sambutan selamat datang Bupati Badung Giri Prasta yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Adi Arnawa mengucapakan selamat datang kepada rombongan tim penilai PKK Privinsi Bali. Menurutnya, PKK adalah mitra Pemerintah Daerah dalam memberikan suatu pembelajaran kepada masyarakat. Selain itu, PKK juga merupakan Garda terdepan dalam mencetak generasi milenial yang berbobot, dimana  dalam hal ini peranan ibu adalah yang utama.

Dalam mewujudkan hal itu, telah banyak inovasi yang dilakukan oleh PKK Kabupaten Badung khususnya PKK Dalung seperti membuat bank sampah, menata halaman Hatinya PKK, pengaktifan posyandu serta lainnya, dimana  hal tersebut adalah salah satu pemberdayaan dalam membentuk kemandirian di masyarakat. “Saya harap dalam mengikuti lomba ini PKK Desa Dalung dapat menampilkan yang terbaik dan bisa mewakili Bali ke tingkat Nasional”, ungkapnya. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bibit kelapa oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali kepada Ketua TP PKK Kabupaten Badung.  (ist)